Sukses

Lifestyle

5 Jenis Tepung Paling Populer untuk Bahan Pembuatan Kue

Fimela.com, Jakarta Ramadan memang masih lama, namun saat ini sudah banyak orang yang mulai membuat kue untuk sajian Ramadan dan Lebaran. Berbicara mengenai kue dan pembuatannya, apa yang pertama kali ada di pikiranmu Sahabat Fimela? Apakah tepung apa untuk membuat kue, seberapa banyak takaran telur dan gula dalam kue, atau bagaimana bentuk kue paling menarik?

Untuk membuat kue yang lezat, menggugah selera dan bentuknya sempurna, hal pertama yang harus diperhatikan adalah tepung yang digunakan harus tepung yang tepat dan berkualitas. Ada beberapa jenis tepung paling populer untuk bahan pembuatan kue. Jenis tepung tersebut antara lain sebagai berikut.

Tepung Terigu

Tepung terigu merupakan tepung yang paling umum digunakan untuk membuat kue. Selain kue, ada banyak makanan yang juga terbuat dari tepung terigu. Tepung terigu ada tiga macam yakni tepung terigu protein tinggi, protein sedang dan protein rendah. Tepung terigu protein tinggi cocok untuk membuat mie dan roti, tepung terigu protein sedang cocok untuk membuat bakpao. Sedangkan tepung terigu protein rendang cocok untuk membuat kue kering.

Tepung Beras

Tepung Beras

Tepung selanjutnya yang populer untuk membuat kue adalah tepung beras. Tepung beras terbuat dari beras yang digiling hingga halus. Dibandingkan dengan tepung lain, tepung beras teksturnya cukup keras. Umumnya, tepung beras digunakan untuk bahan pembuatan kue tradisional atau kue basah seperti nagasari, bubur sum-sum dan sejenisnya.

Tepung Tapioka

Tepung yang digunakan untuk bahan pembuatan kue selanjutnya ada tepung tapioka. Tepung tapioka terbuat dari sari pati ubi singkong. Teksturnya kenyal khas singkong dan sangat cocok digunakan untuk membuat kue tradisional. Tepung tapioka juga cocok dijadikan sebagai campuran tepung terigu maupun besar untuk jenis kue tertentu.

 

Tepung Hungkue

Tepung Hungkue

Tepung hungkue merupakan tepung yang terbuat dari biji kacang hijau. Biasanya, tepung hungkue juga dicampur dengan tepung sagu untuk dapatkan tekstur yang lebih ringan. Tepung hungkue cocok dijadikan bahan untuk membuat kue tradisional seperti kue talam, kue centik manis dan cendol. Ini juga bisa digunakan untuk membuat es gabus.

Tepung Sagu

Tepung sagu merupakan teoung yang terbuat dari sari pati pohon sagu. Tekstur tepung sagu kenyal. Tidak sedikit orang menggunakan tepung sagu sebagai pengganti tepung terigu. Tepung sagu bisa dimanfaatkan untuk membuat kue kering, campuran bakso, pempek dan masakan lainnya.

Itulah beberapa tepung yang populer untuk bahan pembuatan kue. Agar kue yang dihasilkan berkualitas dan tahan lama, sebaiknya tepung yang digunakan juga berkualitas. Untuk membuat kue kering, sebaiknya tepung diayak agar makin lembut dan dijemur atau disangrai hingga bernar-benar kering. Semoga informasi ini bermanfaat.

;
Loading