Sukses

Lifestyle

5 Tips Meredakan Stres di Tengah Pekerjaan yang Tak Ada Habisnya

Fimela.com, Jakarta Sungguh tidak mudah untuk bisa tetap tenang dan fokus kerja di tengah kondisi pekerjaan yang tak ada habisnya. Tumpukan pekerjaan seakan terus menggunung. Sementara itu energi rasanya sudah habis dan pikiran tidak bisa fokus. Namun, deadline dan tanggung jawab tak bisa diabaikan begitu saja.

Jelas sangat berat untuk meredakan dan mengatasi stres yang melanda. Tapi bukan berarti kita tak bisa mencari jalan terbaik untuk mengatasinya. Coba lakukan beberapa hal ini biar tetap "waras" di tengah pekerjaan yang tak ada habisnya.

1. Buat Daftar Pekerjaan

Tulis dulu apa saja tugas dan pekerjaan yang harus dibereskan. Catat juga semua jadwal rapat dan semua hal yang perlu dikerjakan seharian penuh. Sebanyak apapun, semua catat dulu. Dengan cara ini setidaknya pikiran kita tidak penuh sesak dengan semua hal yang harus dikerjakan. Lalu, buat prioritas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan mana yang masih dikerjakan belakangan. Kalau ada yang bisa didelegasikan ke orang lain, lakukan saja. Selain itu, beri jeda dan buat slot waktu khusus untuk istirahat pada waktu-waktu tertentu supaya produktivitas terjaga.

2. Kerjakan Pekerjaan Satu per Satu

Setiap pekerjaan dibereskan secara bergilir dan berkala. Tidak langsung dikerjakan semua berbarengan karena nanti malah tambah stres. Coba untuk lebih sabar mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu. Kenali juga batasan diri. Bila ada pekerjaan yang sekiranya terlalu sulit dikerjakan sendiri, bisa coba minta bantuan rekan kerja yang lain atau didelegasikan ke yang lain.

3. Manfaatkan Waktu Istirahat Seoptimal Mungkin

Jam makan siang perlu dioptimalkan sebaik mungkin. Kerja terus menerus tanpa jeda hanya akan meningkatkan stres. Selalu maksimalkan setiap waktu istirahat yang ada. Bahkan mengambil jeda 5 menit setiap kali kerja 1 jam bisa sangat membantu untuk meningkatkan produktivitas kerja. Bagaimana pun kondisi kesehatan tubuh dan pikiranmu tetap jadi prioritas utama. Sekadar jalan-jalan singkat di sekitar kantor setiap 2 jam kerja juga bisa sangat membantu meredakan stresmu.

4. Cari Teman Mengobrol

Mungkin kita punya sahabat atau teman curhat yang bisa sangat dipercaya. Kadang sekadar meluapkan rasa lelah dan capek ke orang terdekat sudah bisa sedikit meringkan beban kita. Mengobrol sejenak bisa sangat membantu kita untuk sedikit melepaskan penat. Setidaknya dengan mengingat bahwa kita selalu punya seseorang yang mendukung kita setiap saat bisa jadi sumber kekuatan sendiri untuk bertahan di tengah rasa letih bekerja.

5. Tidur dan Makan Cukup

Ini juga penting. Usahakan tetap mendapat tidur dan makan yang cukup. Pola makan benar-benar harus diperbaiki. Jangan hanya mengandalkan kopi atau minuman berenergi saja untuk menjaga kebugaran tubuh. Dengan pekerjaan menumpuk yang tak ada habisnya biasanya tubuh akan gampang capek. Tapi kita tetap harus berusaha mengimbanginya dengan menjaga kebiasaan harian dengan lebih optimal.

Mengusahakan untuk bisa tetap produktif dan tidak stres di tengah tekanan kerja yang berat memang tak mudah. Membagi waktu jadi adalah satu hal, tapi menjaga kesehatan adalah hal lainnya. Tak perlu memaksakan diri mengerjakan semuanya, bila memungkinkan sesuaikan beban pekerjaan dengan energi dan kemampuan yang kita punya.

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Alasan yang Bikin Naik Pesawat Kini Terasa Bahagianya
Artikel Selanjutnya
Alasan Suami Penting Membersihkan Mr P Setelah Berhubungan Intim