Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Perlu Diingat agar Tetap Tangguh sebagai Wanita Karier

Fimela.com, Jakarta Merintis dan membangun karier sebagai perempuan kita akan dihadapkan pada sejumlah tantangan. Untuk tetap tangguh dalam berkarya dan berkarier, ada beberapa hal yang perlu kita pahami dengan baik. Mengingat tantangan dan persaingan di dunia kerja makin berat, mau tidak mau kita harus mempersiapkan mental untuk lebih kuat menghadapi semuanya.

Baik yang baru mulai menapaki karier atau yang sedang dalam perjalanan mewujudkan karier impian, ada sejumlah hal penting yang perlu kita pahami bersama sebagai perempuan. Tujuannya supaya bisa memudahkan kita mengatasi hambatan yang ada dan lebih mudah mencapai tujuan karier yang kita inginkan.

1. Tindak Diskriminasi Tak Bisa Didiamkan Begitu Saja

Di lingkungan kerja mungkin masih ada yang melakukan tindak seksisme atau diskriminasi pada kita hanya karena kita perempuan. Meski mungkin terasa sulit dan penuh jatuh bangun, tindak diskriminasi tak bisa kita diamkan begitu saja. Sebisa mungkin kita harus tetapmenunjukkan kekuatan kita sebagai perempuan, melalui prestasi atau juga pencapaian-pencapaian karier kita. Bila kita diremehkan karena gender kita, jangan langsung merasa rendah diri. Justru buktikan bahwa kita bisa meroket lebih tinggi dengan kemampuan dan keahlian kita.

2. Penting untuk Memiliki Mentor

Seperti yang dilansir dari womanitely.com, banyak perempuan sukses yang mengakui kesuksesannya berasal dari adanya mentor yang bisa memandu dan membantu mereka di saat sedang terjatuh. Seorang mentor yang baik bisa jadi pemandu kita agar selalu bisa mencari solusi dari setiap masalah pekerjaan atau karier yang ada. Setidaknya kita tidak gampang tersesat ketika dihadapkan pada situasi atau kondisi baru dalam berkarier.

3. Kepercayaan Diri Selalu Dibutuhkan di Mana Saja

Di tempat kerja, bertemu dengan klien, memimpin rapat, membuat terobosan baru untuk perusahaan atau bisnis yang sedang dibangun, semua itu akan membutuhkan kepercayaan diri. Kepercayaan diri akan selalu dibutuhkan di mana saja. Kita perlu benar-benar berusaha maksimal dalam mengusahakan untuk bisa tampil penuh percaya diri untuk membuktikan kompetensi dan kemampuan kita yang sebenarnya.

4. Tak Ada Waktu untuk Meratapi Nasib

Terlahir sebagai perempuan kita justru perlu merasa bangga dan bersyukur. Kita adalah makhluk istimewa dengan keunikan dan kelebihan masing-masing. Saat gagal dalam berbisnis atau ada yang berusaha menjatuhkan karier kita, kita tak bisa meratapi nasib atau menyalahkan keadaan begitu saja. Justru kita perlu berusaha untuk terus bangkit dan kembali berjuang.

5. Menjadi Asertif Itu Perlu

Komunikasi asertif merupakan kemampuan untuk mengomunikasikan apa yang diinginkan, dirasakan, dan dipikirkan kepada orang lain dengan tetap menjaga dan menghargai hak-hak serta perasaan pihak lain. Penting untuk menjadi asertif supaya bisa tetap nyaman dalam bekerja. Kita juga punya hak-hak yang juga harus dipenuhi. Kita punya suara dan kemampuan yang luar biasa untuk menjadi pribadi yang lebih bermanfaat untuk orang banyak.

Tetap semangat ya dalam berkarya, bekerja, dan berkarier. Kita buktikan bahwa kita bisa menjadi perempuan istimewa dengan kemampuan dan potensi yang kita punya.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips agar Kariermu Tak Terhambat oleh Sifat Perfeksionismu
Artikel Selanjutnya
3 Tips Mengurangi Jam Kerja tapi Hasilnya Lebih Maksimal