Sukses

Lifestyle

Cara Membuat Bubur Sumsum Lembut Tanpa Bau Tepung

Fimela.com, Jakarta Siapa yang tak kenal dengan bubur sumsum? Bisa dipastikan bahwa semua orang mengenal bahkan menyukai bubur yang memiliki tekstur lembut dengan rasa gurih dan manis di setiap suapannya ini. Mengonsumsi satu mangkok bubur sumsum, ini sudah cukup membuat perut kita merasa kenyang selama beberapa jam ke depan.

Bubur sumsum umumnya dikonsumsi sebagai menu sarapan atau sebagai menu takjil buka puasa Ramadan. Bubur sumsum adalah bubur yang terbuat dari tepung beras dan santan yang dimasak hingga mengental kemudian disiram dengan saus gula merah yang legit. Bicara mengenai bubur sumsum nih ya, kali ini Fimela punya cara membuat bubur sumsum yang super lembut dan bebas bau tepung. Penasaran seperti apa caranya? Simak yang berikut ini.

Pemilihan Bahan

Pemilihan Bahan

Untuk mendapatkan bubur sumsum yang lembut, warnanya putih bersih dan gurih, pastikan memilih bahan yang berkualitas. Pilih tepung beras yang berkualitas, bersih dan putih. Pilih santan kelapa yang putih bersih, jika menggunakan buah kelapa asli dan memarut hingga memerasnya sendiri, usahakan untuk mengupas bagian kulit daging kelapa.

Pilih garam yang berkualitas pula. Untuk gula merah, setelah gula dicairkan usahakan untuk menyaring gula. Sebaiknya, tepung beras juga dijemur dan diayak terlebih dahulu untuk dapatkan tekstur bubur yang lebih lembut.

Larutkan Tepung Bersama Santan

Sebelum memasaknya, tepung beras dan santan perlu dilarutkan bersama. Campur kedua bahan hingga tercampur rata di wadah bersih. Jika keduanya sudah tercampur rata, bubur siap dimasak dengan api kecil saja.

Mengaduk Bubur Saat Dimasak

Mengaduk Bubur Saat Dimasak

Pastikan untuk mengaduk bubur secara terus menerus saat memasak bubur. Tambahkan daun pandan dan garam secukupnya. Aduk terus bubur hingga benar-benar matang. Pastikan untuk memasak bubur dengan api kecil agar bubur matang merata, teksturnya lembut dan bebas bau tepung.

Sajikan, Tambahkan Saus Gula

Jika bubur sumsum sudah matang, sajikan di mangkok kemudian siram dengan saus gula merah. Sahabat Fimela bisa menikmati bubur ini dalam keadaan hangat maupun dingin (pakai es).

Itulah cara membuat bubur sumsum lembut tanpa bau tepung. Cara yang sangat mudah bukan? Semoga tips dapur ini bermanfaat dan selamat mencoba ya.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Menambahkan Garam pada Air Rebusan Pasta, Apa Manfaatnya?
Artikel Selanjutnya
Tips Mencegah Santan Tidak Pecah dengan Tepung Beras