Sukses

Lifestyle

Sahabat Fimela, Yuk Ketahui Sejarah Terciptanya Cone Es Krim

Fimela.com, Jakarta Es krim merupakan makanan kesukaan semua orang. Anak-anak hingga orang dewasa sangat suka dengan es krim. Apakah Sahabat Fimela termasuk salah satu penggemar es krim?

Bicara mengenai es krim nih, dirimu suka es krim yang diwadahkan pada cup plastik dan kertas atau suka dengan es krim yang diwadahkan pada cone dan bisa dimakan beserta wadahnya? Mengenai cone es krim ini, kira-kira bagaimana ya terciptanya cone ini? Juga, siapa yang menemukannya?

Penemuan Wadah Es Krim Bisa Dimakan

Dulu, sebelum terciptanya cone es krim, orang-orang makan es krim dengan disajikan pakai wadag piring, gelas atau wadah kecil. Para pemilik kedai es krim harus mencuci ulang wadah-wadah es krim tersebut setiap kali ada pelanggan yang datang ke kedainya.

Karena mencuci wadah dianggap memerlukan waktu yang tak sebentar sementara pelanggan es krim terus berdatangan, seorang pemilik kedai es krim bernama Italio Marchiony asal Amerika Serikat memiliki ide membuat wadah es krim yang bisa dimakan. Pada tahun 1896an atau akhir abad 19, Marchiony berhasil membuat wadah es krim yang bisa dimakan. Ia juga mulai menjual es krimnya dengan wadah tersebut. Rupanya orang-orang sangat menyukainya. Dan dari sinilah, Marchiony dikenal sebagai penemu wadah es krim.

Cone Es Krim dari Kue Waffle Ditemukan

Pada periode yang sama, seorang pedagang es krim asal Inggris yakni Antonio Valvona juga memperoleh paten atas prestasinya menemukan mesin pencetak wadah es krim berbahan biskuit.

Sementara itu, awal abad 20 tepatnya tahun 1904 tanggal 23 Juli di acara World'e Fair, seorang penjual kue-kuean sejenis waffle bernama Ernest Hamwi menemukan ide pembuatan wadah es krim di mana ia menggulung waffle buatannya berbentuk kerucut. Ide ini muncul setelah seorang pedagang es krim di dekat both tempat berjualan Hamwi kehabisan piring atau gelas es krimnya.

Rupanya para penikmat es krim sangat menyukainya. Sejak saat inilah, banyak pedagang es krim yang membuat wadah es krim dari kue waffle atau sejenisnya dan terus populer hingga saat ini. Well, itulah sejarah es krim. Semoga informasi ini bermanfaat.

Jangan Lewatkan Video Berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sejarah Kembang Goyang, Camilan Renyah Manis khas Jawa
Artikel Selanjutnya
Sejarah Nasi Kucing, Nasi Bungkus Porsi Kecil untuk Rakyat