Sukses

Lifestyle

11 Menu Rendang yang Perlu Diketahui Sahabat Fimela

Fimela.com, Jakarta Rendang merupakan makanan asal Indonesia yang kelezatannya telah mendunia. Rendang juga menjadi salah satu makanan yang dinobatkan sebagai makanan terlezat nomor 1 di dunia oleh CNN pada tahun 2018. Bicara mengenai rendang, kita tentu akan berpikir bahwa rendang merupakan makanan yang terbuat dari daging.

Namun jangan salah Sahabat Fimela, melansir dari laman liputan6.com, dalam catatan Badan Pelestarian Budaya Padang (BNBP), setidaknya ada 11 jenis rendang di Sumatera Barat. Mengutip catatan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) untuk pelaporan kepada BPNB tahun 2014, setidaknya masih ada 11 menu rendang yang dibuat dan dikonsumsi masyarakat.

11 menu rendang tersebut antara lain sebagai berikut.

Aneka Macam Rendang

Rendang Daging Sapi

Rendang daging sapi adalah rendang paling umum yang bisa ditemukan. Rasanya gurih, manis dan menggugah selera. Rendang ini tak hanya bisa ditemukan di Sumatera tetapi juga di kota lain di Indonesia bahkan dunia.

Rendang Lokan

Rendang selanjutnya ada rendang lokan. Ini merupakan rendang yang dibuat dari lokan atau sejenis kerang-kerangan. Rendang ini bisa ditemukan di Kabupaten Pesisir Selatan seperti Padang Pariaman, Pasaman Barat dan Nagari Sasak.

Rendang Maco

Rendang maco merupakan rendang yang berbahan dasar maco atau sejenis ikan asin. Bahan ini dinilai lebih murah jika dibandingkan dengan daging. Ada beberapa daerah khususnya Kabupaten Pesisir Selatan yang masih kerap mengolah rendang maco.

Rendang Pakis

Rendang pakis adalah salah satu rendang yang wajib ada di beberapa acara adat atau acara penting. Rendang pakis biasanya dimasak hingga pakis benar-benar kering. Di Kabupaten Pasaman, khususnya di daerah sekitar Bonjol, sebuah acara dikatakan belum maksimal jika belum ada hidangan rendang pakis.

Ada juga Rendang Itik

Rendang Ayam

Ayam juga menjadi bahan pembuatan rendang yang banyak digunakan masyarakat sebagai pengganti daging. Ayam dinilai lebih murah namun menghasilkan rasa dan aroma yang wah untuk masakan rendang. Dari data BPNB Padang, rendang ayam berkembang di Nagari Surantih Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan.

Rendang Itik

Rendang selanjutnya ada rendang itik. Ini merupakan masakan yang berkembang di kawasan Payakumbuh dan sekitarnya. Untuk mendapatkan rendang itik yang super lezat, daging itik sebelum dimasak akan direbus, dikukus atau dipanggang terlebih dahulu.

Rendang Daging Kambing

Rendang daging kambing adalah rendang yang terbuat dari daging kambing. Meski rendang ini mulai langka, namun ini masih bisa ditemukan di Kabupaten Agam tepatnya di daerah Lubuk Basung, Agam Timur.

Rendang Hati dan Paru Sapi

Rendang ini sangat mirip dengan rendang daging sapi. Cara membuatnya pun nyaris sama. Yang membuatnya berbeda adalah bahan untuk membuat rendang ini adalah hati dan paru sapi.

Rendang Basah

Rendang Telur

Rendang telur berbahan dasar telur. Rendang telur berbentuk pipih menyerupai kerupuk. Rendang ini adalah makanan yang populer di daerah Payakumbuh. Saking populernya, rendang ini dijadikan oleh-oleh khas Payakumbuh.

Kalio (Rendang Basah)

Kalio atau rendang basah merupakan rendang yang dimasak hingga matang namun bumbu belum meresap seutuhnya. Kuah untuk memasak rendang ini hanya berkurang setengah sehingga menghasilkan rendang yang utuh dan segar berbeda dengan rendang pada umumnya.

Kalio Jengkol

Rendang selanjutnya adalah kalio jengkol. Berbahan dasar jengkol, rendang ini memiliki rasa gurih dan sedikit pedas. Di beberapa daerah di Sumatera, kalio jengkol juga dikenal dengan nama kalio jariang.

Itulah beberapa menu rendang yang cukup populer dan bisa ditemukan di sekitar kita khususnya di daerah Sumatera. Dari sekian menu rendang yang ada, mana nih favoritmu?

Simak Juga Video Berikut:

Loading