Sukses

Lifestyle

5 Macam Cokelat yang Perlu Diketahui Sahabat Fimela

Fimela.com, Jakarta Seperti yang kita tahu, cokelat merupakan bahan makanan yang disukai oleh semua orang. Cokelat memiliki banyak varian rasa, isian dan bentuk sehingga cukup mudah menarik perhatian banyak orang. Mulai anak-anak hingga orang dewasa, bisa dipastikan bahwa semuanya menyukai cokelat.

Bicara mengenai cokelat, melansir dari laman goodfood.com, cokelat merupakan bahan makanan yang berasal dari biji kakao yang telah melalui serangkaian proses panjang. Proses pembuatan cokelat dimulai dengan proses penyulingan, biji colekat dipilih yang berkualitas, dicuci bersih, dikeringkan kemudian disangrai. Biji cokelat atau kakao selanjutnya digiling hingga membentuk pasta, dipisah menjadi lemak cokelat dan cokelat bubuk. Dari sini, dibuatlah beragam jenis cokelat.

Berikut jenis atau macam-macam cokelat yang paling populer di pasaran.

2 dari 4 halaman

Jenis Cokelat

Cokelat Bubuk/Cocoa Powder

Ini merupakan jenis cokelat pertama. Cokelat bubuk terbuat dari biji cokelat asli. Umumnya cokelat bubuk dijadikan bahan dasar untuk pembuatan berbagai makanan dan minuman dengan rasa cokelat. Beberapa bubuk cokelat mengandung lemak cokelat, namun tidak semuanya mengandung pemanis buatan.

Unsweetened Chocolate

Unsweetened chocolate merupakan cokelat yang mengandung 75% biji kokoa dan tidak ditambah gula atau pemanis buatan lainnya di dalamnya. Rasa Unsweetened chocolate cenderung pahit. Cokelat jenis ini bisa dijadikan bahan pembuatan brownis atau makanan lain. Tapi, beberapa orang juga mengonsumsinya sebagai camilan teman ngopi.

Dark Chocolate

Cokelat jenis ini mengandung kadar pasta cokelat yang cukup tinggi. Kadar pasta cokelat itu bisa mencapai 90%. Warna cokelat ini hitam pekat dan biasa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan makanan atau minuman cokelat. Namun, karena dinilai bermanfaat buat kesehatan terutama psikis, tidak sedikit orang yang mengonsumsi cokelat ini secara langsung.

3 dari 4 halaman

Jenis Cokelat

Milk Chocolate

Milk chocolate merupakan jenis cokelat yang mengandung tambahan susu di dalamnya. Cokelat ini adalah cokelat yang paling populer di seluruh dunia. Selain ada tambahan susu, ia juga mengandung tambahan gula, minyak nabati dan perasa serta pewarna makanan.

Couverture Chocolate

Ini merupakan jenis cokelat yang biasa digunakan untuk melapisi kue, dessert dan pembuatan makanan lainnya. Cokelat ini mengandung kadar lemak cukup tinggi yakni sebesar 32 hingga 39%. Sebaiknya cokelat ini tidak disimpan di tempat dengan suhu panas karena bersifat sangat sensitif dan mudah meleleh.

Itulah beberapa macam cokelat yang perlu diketahui Sahabat Fimela. Dari sekian banyak macam cokelat yang ada, mana nih yang jadi favoritmu?

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video di Bawah Ini:

Loading