Sukses

Lifestyle

Introvert, Ini Cara Sukses di Tempat Kerja

Fimela.com, Jakarta Siapapun yang memiliki kepribadian introvert mungkin juga memahami hal ini, bahwa mereka membutuhkan lebih banyak waktu untuk sendirian setelah menghabiskan waktu bersama banyak orang. Kamu sering merasa energimu terkuras habis, benar?

Sayangnya, di tempat kerja, seseorang dengan kepribadian introvert sering menutupinya dengan tujuan menyesuaikan diri. Dilansir dari purewow.com, Kamis (16/4/2019), berikut ini adalah beberapa cara sukses di tempat kerja bagi si pemilik kepribadian introvert. Penasaran?

1. Hindari mengirim email panjang kepada si ekstrovert

Sebagai seseorang dengan kepribadian introvert, mungkin jauh lebih mudah untuk mengeluarkan semua pikiran dan perasaan melalui email daripada harus mengatakannya secara langsung. Sayangnya, mungkin banyak orang justru lebih suka mendiskusikan masalah secara langsung, tidak hanya membaca email yang panjang.

Tuliskan semua yang ingin kamu sampaikan kemudian ubah menjadi poin-poin yang singkat. Atau lebih baik jika kamu membawa catatan, kemudian mendiskusikannya secara langsung.

2. Temukan tempat yang tenang untuk mengisi ulang energi diri sendiri

Lebih dari 70% daerah kantor dilaporkan memiliki ruang terbuka. Sayangnya, bagi para introvert, bekerja bersama banyak orang justru bisa sangat mengganggu.

Inilah pentingnya untuk menemukan tempat yang tenang, entah itu ruang konferensi yang jarang digunakan, sudut lorong, atau bangku di luar ruangan. Ya, tidak masalah untuk sekali waktu berdiam seorang diri di sana, terutama bagi si introvert.

 

2 dari 3 halaman

Beri tahu rekan kerjamu

3. Biarkan rekan kerjamu tahu ketika kamu membutuhkan ruang

Terserah bagaimana kamu akan memberitahu rekan kerja, usahakan untuk memiliki batasanmu sendiri. Bekerja dalam tim memang membutuhkan banyak interaksi, namun alangkah baiknya jika kamu dan rekan kerja sama-sama memahami bagaimana setiap orang di dalam tim tersebut dapat bekerja dengan baik dan produktif.

4. Manfaatkan 10 menit pertama dalam rapat

Bagi seseorang dengan kepribadian introvert, sebuah rapat besar bisa menjadi masalah. Tenangkan pikiranmu dengan membuat tujuan percakapan dalam 10 menit pertama rapat.

Setelah kamu berhasil memecahkan rasa canggung di awal, akan lebih mudah untuk meneruskan interaksi di dalam suatu perkumpulan. Dan ingat, bahwa pertanyaan juga bisa masuk ke dalam apa yang ingin kamu sampaikan di sini.

3 dari 3 halaman

Saksikan video menarik setelah ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Begini Kepribadian Orang yang Makan dengan Cepat
Artikel Selanjutnya
Kiat Sukses Bekerja Bagi Para Introvert