Sukses

Lifestyle

Cara Sehat Mengonsumsi Telur, Begini Anjurannya!

Fimela.com, Jakarta Telur tak hanya mengandung protein, tetapi juga vitamin dan mineral. Dalam sebutir telur terdapat kandungan protein, vitamin D, vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, folat, dan iodium. Mengonsumsinya setiap hari pun cukup dianjurkan.

Agar bisa mendapatkan manfaat optimal dari telur, cara pengolahannya juga perlu diperhatikan. Dikutip dari buku Resep Panjang Umur, Sehat, dan Sembuh, telur sebagai bagian dari protein lengkap yang amat dianjurkan sejak usia dini pun lebih mudah dicerna dalam keadaan matang, bukan setengah matang apalagi mentah. Telur yang kita konsumsi memang sebaiknya dimasak sampai matang sempurna agar lebih mudah dicerna.

Telur bisa dikonsumsi sehari-hari dengan tetap memerhatikan cara pengolahannya. Dilansir dari nhs.uk, sebaiknya tidak menambahkan garam atau lemak pada telur yang dimasak untuk dikonsumsi. Untuk membuat telur orak arik misalnya, bisa menggunakan susu rendah lemak tanpa mentega. Telur yang digoreng, kandungan lemaknya bisa meningkat sekitar 50%.

Tak ada rekomendasi atau ketentuan pasti berapa banyak telur yang bisa kita konsumsi setiap harinya. Anak-anak, ibu hamil, dan orang tua sangat dianjurkan mengonsumsi telur yang sudah benar-benar matang. Bagian putih dan kuning telur harus benar-benar padat (matang) sebelum dikonsumsi untuk mencegah terjadinya keracunan makanan atau infeksi.

Bagi yang ingin mendapatkan manfaat maksimal dari telur untuk dikonsumsi sehari-hari, dianjurkan mengonsumsi telur rebus yang matang sempurna. Imbangi juga dengan konsumsi serat yang seimbang dan bahan makanan kaya nutrisi serta vitamin untuk kesehatan tubuh.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading