Sukses

Lifestyle

Tips Mengecilkan Perut tanpa Sengsara, Ikuti 9 Langkah Ini

Fimela.com, Jakarta Punya impian memiliki perut langsing? Atau sedang bingung memilih cara yang tepat untuk mengecilkan perut? Usaha memiliki tubuh langsing tak semata-mata untuk memperbaiki penampilan. Adakalanya perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Cuma memang kadang bingung juga mencari cara yang tepat untuk mengecilkan perut.

Pernah dengar DEBM? Kepanjangan dari Diet Enak, Bahagia, dan Menyenangkan, metode diet ini menekankan pada diet rendah karbo tinggi lemak/protein. Metode ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengecilkan perut tanpa sengsara dan tanpa lapar. Memang ada baiknya kita berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan cocok tidaknya kita dengan metode ini. Tapi bila ingin tahu lebih lanjut soal usaha mengecilkan perut tanpa sengsara ala DEBM, bisa coba ikuti 9 langkah berikut ini seperti yang dilansir dari buku DEBM (Diet Enak, Bahagia, & Menyenangkan) Cara Mudah Turunkan Berat Banda Tanpa Sengsara yang ditulis oleh Robert Hendrik Liembodo.

1. Sarapan

Sarapan perlu dilakukan, tetap perhatikan menunya. Kita perlu sarapan tapi tanpa karbohidrat. Kita bisa sarapan dengan telur, ikan, daging, atau buah avokad tanpa nasi atau roti.

2. Diet Air

Pada pukul 09.00 - 10.00 kita bisa minum 3 gelas air putih. Pada jam tersebut biasanya kita merasa lapar, dan sebaiknya minum air putih dulu sebelum memutuskan untuk makan.

3. Makan Siang Normal

Kita bisa mengurangi porsi nasi kita. Kalau sebelumnya terbiasa makan 1 porsi nasi, bisa coba kurangi jadi 3/4 porsi atau 1/4 porsi. Kunyah makanan perlahan. Sebelum makan nasi, habiskan lauk terlebih dahulu untuk memberi efek kenyang lebih lama.

4. Snack Sehat

Dalam DEBM, anjurannya justru jangan menahan lapar. Bila pada pukul 15.00 - 16.00 merasa lapar, kita bisa makan dengan syarat tidak mengandung karbohidrat. Kita bisa mengonsumsi snack sehat dengan pilihan telur, avokad, stroberi, daging, ikan, keju, agar-agar plain dengan sedikit yogurt.

5. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga paling efektif untuk mengecilkan perut. Pada pukul 16.00 - 17.00 kita bisa luangkan waktu 40-45 menit jalan kaki untuk membantu proses pembakaran lemak di perut. Setelah jalan kaki biasanya kita akan merasa sangat lapar. Agar kerja keras kita tidak sia-sia, kita bisa mengonsumsi telur, ikan, atau daging untuk makan malam setelah olahraga jalan kaki.

6. Makan Malam Pukul 18.00 Low Carbs

Makan malam merupakan penentu apakah kita akan bikin lemak atau bakar lemak selama tidur. Kalau menu makan malam kita tinggi karbohidrat, maka jelas akan bikin lemak. Kia bisa mengonsumsi sate ayam, steak ikan, daging, rendang, ayam pop, ayam bakar, atau bebek goreng asalkan tidak disertai karbohidrat untuk makan malam.

7. Snack Malam

Yup, kita masih bisa ngemil pada malam hari. Bila pukul 21.00 terasa lapar, kia bisa mengonsumsi snack malam. Pilihan snack yang sehat, antara lain agar-agar plain dengan sedikit yogurt, buah avokad, atau buah stroberi.

8. Hindari Konsumsi Mi atau Nasi Tengah Malam

Godaan makan mi instan atau nasi goreng saat lapar pada malam hari memang susah dihindari. Namun, bila ingin memiliki perut yang langsing, kita harus menghindari konsumsi mi atau nasi pada malam hari. HIndari juga makan pagi dengan nasi kuning, nasi uduk, atau bubur ayam.

9. Cukup Tidur

Kenapa harus cukup tidur? Sebab bila kekurangan tidur, nafsu makan akan menjadi besar. Tidur yang cukup akan membantu kita mengendalikan nafsu makan kita.

Itu dia sembilan langkah mengecilkan perut ala DEBM yang bisa dicoba. Semoga info ini bisa jadi referensimu dalam usaha mendapatkan perut langsing dan tubuh yang sehat, ya.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Kebiasaan Makan yang Bikin Langsing, Kita Coba yuk!
Artikel Selanjutnya
Kapan Saat Terbaik Makan Buah? Yuk, Cari Tahu Jawabannya di Sini