Sukses

Lifestyle

Sahabat Fimela, Begini Tata Cara yang Benar Nyoblos di TPS

Fimela.com, Jakarta Pencoblosan Pemilu 2019 untuk memilih Presiden dan Anggota Legislatif tinggal menghitung jam. Hari Rabu 17 April 2019, masyarakat Indonesia di tanah air yang telah memenuhi syarat berhak menentukan pilihan terbaiknya secara langsung dan jujur.

Untuk memilih calon Presiden dan Anggota Lagislatif sendiri, berdasar Peraturan KPU nomor 3 tahun 2019 tentang pemungutan dan perhitungan suara pada aktivitas pemilu, ada beberapa tata cara yang perlu diperhatikan agar partisipasi dalam pemilu dilakukan dengan baik dan benar.

Syarat Menjadi Pemilih dalam Pemilu 2019

Masyarakat Indonesia yang berhak menjadi pemilih adalah mereka yang telah berusia 17 tahun ke atas. Mereka juga terdaftar sebagai pemilih, bukan anggota TNI/Polri, tidak sedang dicabut hal pilihnya berdasar keputusan pengadilan yan g mempunyai kekuatan hukum dan terdaftar di dalam Daftar Pemilih (DPT (Daftar Pemilih Tetap/DPTb (Daftar Pemilih Tambahan/DPK  (Daftar Pemilih Khusus)).

Pemilih Datang ke TPS

Tata cara pertama adalah pemilih diwajibkan datang atau hadir di TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang ditentukan. Sesampainya di TPS, pemilih akan mengisis daftar hadir dan  nantinya akan dipanggil menunggu giliran guna melakukan pencoblosan. Saat datang ke TPS, pastikan untuk membawa E-KTP dan undangan  memilih (formulir C6) atau surat pindah memilih (formulir A5).

Pemilih Mendapat Lima Surat Suara

Ketika Sahabat Fimela sudah dipanggil oleh petugas TPS, dirimu akan mendapat lima surat suara. Lima surat suara ini memiliki warna masing-masing yang berbeda antara satu salam lain. Surat suara warna abu-abu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, surat suara warna kuning untuk memilih anggota DPR, suarat suara warna merah untuk memilih anggota DPD, surat suara warna biru untuk memilih anggota DPRD Provinsi, dan surat suara warna hijau untuk memilih anggota DPRD Kota/Kabupaten.

Mencoblos Surat Suara

Setelah mendapatkan suarat suara, pemilih perlu pergi ke bilik suara dan mulai melakukan pencoblosan.  Untuk calon Presiden, tentukan satu pilihanmu dengan mencoblos di bagian nama, nomor urut atau gambar pasangan calon. Untuk anggota DPR, DPD dan DPRD, coblos di nama calon, gambar parta atau nomor urut calon.

Lipat Kertas, Masukkan ke Kotak Suara dan Celupkan Jari ke Tinta yang Telah Disediakan

Setelah selesai mencoblos semua calon, lipat kertas kemudian masukkan  ke kotak suara. Selanjutnya celupkan jari kelingking di tinta yang telah disediakan petugas.

Itulah cara melakukan pencoblosan pemilu di TPS. Yuk, salurkan aspirasimu  di Pemilu 2019. Gunakan hak pilihmu sebaik mungkin ya. Suaramu menentukan nasib bangsa untuk lima tahun ke depan.. Well, jangan memilih untuk golput ya.

 

 

 

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Panduan Pemilu 2019: Pastikan Surat Suaramu Sah
Artikel Selanjutnya
Mengapa Kita Harus Memilih dan Tidak Golput