Sukses

Lifestyle

Berapa Lama Santan Segar Bertahan dalam Kulkas?

Fimela.com, Jakarta Masakan Indonesia amat kaya dan banyak sekali macamnya. Banyak sekali masakan Indonesia yang menggunakan santan sebagai bahannya. Santan memang akan membuat masakan makin lezat dan kuat cita rasanya.

Nah, kadang setelah memeras santan dan masih ada sisanya, ibu akan cenderung menyimpannya dalam kulkas. Well, santan ini termasuk salah satu bahan makanan yang sangat mudah sekali basi. Lalu, berapa lama sih santan bisa bertahan jika disimpan dalam lemari pendingin?

Santan adalah bahan yang mudah basi.

Santan hanya bisa bertahan tiga hari di dalam lemari pendingin. Untuk menghasilkan masakan yang lezat memang diperlukan santan yang segar. Karena itu sebaiknya santan segar langsung habis sekali pakai saja.

Santan kemasan akan lebih praktis.

Jika ingin yang lebih praktis juga bisa menggunakan santan kemasan baik yang bubuk maupun yang cair. Santan kemasan bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan santan cair segar. Setelah kemasannya dibuka, santan kemasan ini bisa bertahan tiga sampai seminggu jika disimpan dalam lemari es.

Untuk makanan yang mengandung santan disarankan untuk disajikan dalam waktu sehari saja. Jika disimpan dalam kulkas sebaiknya dihangatkan tidak dengan panas di atas 100 derajat celsius. Ini bisa merusah warna, rasa dan juga gizi dalam makanan tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading