Sukses

Lifestyle

4 Bahan Lain yang Bisa Ditambahkan untuk Varian Saus Salad yang Lebih Segar

Fimela.com, Jakarta Minyak zaitun khususnya extra virgin olive oil memang sangat cocok digunakan sebagai bahan salad dressing atau saus untuk salad. Selama dipakai dalam takaran yang cukup, minyak zaitun bisa membuat salad terasa lebih nikmat dengan aroma yang lebih khas.

Tapi bila ingin menikmati salad dengan cita rasa yang lebih segar dan menggugah selera, kita juga bisa menambahkan beberapa bahan lainnya. Minyak zaitun pun bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan ini agar salad dressing yang dibuat lebih enak di lidah. Selain itu bahan-bahan ini pun bisa membuat salad jadi lebih menyehatkan untuk dikonsumsi.

1. Sari Apel

Buah apel bisa dihaluskan/diparut lalu diambil sarinya untuk dijadikan salad dressing. Misal, untuk membuat fusion salad kita bisa membuat sausnya yang terdiri dari udang rebon yang direndam air panas lalu dikeringkan, cabai merah yang dihaluskan, irisan bawang merah, daun jeruk purut, garam, extra virgin olive oil, dan sari apel. Sari apel yang menyegarkan dari buah segar bakal membuat cita rasa salad sayur tidak eneg.

2. Buah Stroberi

Yup, kita bisa menambahkan buah stroberi untuk saus salad. Kita bisa membuat saus salad yang segar yang terdiri dari 10 buah stroberi, 8 sdm extra virgin olive oil, 1 sdm air jeruk lemon, 1/2 sdt garam, dan 5 sdm sari apel. Semua bahan tersebut bisa dihaluskan dengan blender lalu disiramkan di atas sayuran seperti kol hijau, sealada, wortel, dan mentimun.

3. Air Jeruk Lemon

Salad dressing atau saus salad paling simpel yang segar bisa dibuat dari empat bahan ini, antara lain extra virgin olive oil, air jeruk lemon, garam, dan merica bubuk. Merica, garam, dan air jeruk lemon bisa dicampur rata terlebih dahulu, kemudian tuankan extra virgin oil. Aneka selada sangat cocok dinikmati dengan salad dressing ini. Apalagi bila disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas, salad jadi terasa lebih segar.

4. Asam Jawa

Ingin menikmati salad dengan sentuhan rasa asam yang menyegarkan? Coba tambahkan asam jawa. Kita bisa melarutkan 1 sdm asam jawa dengan 100 ml air hangat, diremas-remas, lalu saring ambil airnya. Air asam jawa dapat dicampur dengan air jeruk limau, air jeruk nipis, cabai rawit yang diiris halus, serai bagian putihnya yang diiris halus, daun jeruk purut yang diiris halus, jahe cincang, dan sejumput garam. Saus ini cocok dinikmati dengan apel fuji, buah tomat, mentimun, paprika merah, dan selada bokor.

Untuk menikmati salad yang menyehatkan sekaligus menyegarkan, kita bisa membuat varian saus salad atau salad dressing dengan bahan-bahan di atas. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba langsung?

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading