Sukses

Lifestyle

Tips Membuat Tempe Penyet atau Sambal Tempe yang Lebih Sehat

Fimela.com, Jakarta Tempe memiliki kandungan protein nabati yang baik untuk tubuh. Kita pun bisa mengolahnya jadi aneka hidangan dan masakan sedap untuk dikonsumsi. Untuk mendapatkan manfaat terbaik tempe, cara pengolahannya pun perlu lebih diperhatikan.

Salah satu olahan atau hidangan yang paling mudah dibuat adalah tempe penyet dan sambal tempe. Selain mudah dibuat, rasanya pun enak dan bisa langsung dinikmati dengan nasi putih. Dinikmati dengan aneka lauk dan sajian lain pun juga lezat. Tapi bila ingin olahan tempe penyet atau sambal tempe yang lebih sehat, ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Tempe Tidak Digoreng

Tempe yang akan diolah sebaiknya tidak digoreng. Disarankan untuk dioven atau dipanggang. Kelebihan tempe yang dioven atau dipanggang adalah teksturnya bisa lebih renyah. Tidak berminyak dan aromanya pun lebih khas.

2. Gunakan Cabai dan Bawang Mentah

Cabai yang digunakan tak perlu digoreng. Begitu juga dengan bawang merah dan bawang putih yang digunakan. Cabai dan bawang mentah bisa langsung dihaluskan dengan cobek.

3. Tambahkan Kencur untuk Sambal Tempe

Untuk 150 gram tempe yang sudah dipanggang atau dioven, kita bisa menguleknya dengan bahan sambak yang terdiri dari 6 cabai rawit merah, 1 cabai merah besar, 3 siung bawang putih, 3 cm kencur, dan garam secukupnya. Kencur bisa menambah aroma sambal tempe jadi lebih nikmat. Kita juga bisa menambahkan daun kemangi agar aroma sambal tempe lebih harum.

4. Tambahkan Air Jeruk Limau untuk Tempe Penyet

Cabai merah, cabai rawit, terasi, dan garam yang sudah diulek bisa diberi air jeruk limau. Rasa asam dari air jeruk limau bakal memperkuat sekaligus menyeimbangkan rasa pedas dari cabai. Selain itu kandungan vitamin C-nya juga baik untuk tubuh. Kalau mau menambahkan irisan tomat mengkal juga boleh.

Hidangan sederhana yang sedap bisa dibuat jadi masakan yang lebih sehat dengan mengikuti tips-tips di atas. Jadi nggak sabar nih ingin langsung membuat sendiri sambal tempe dan tempe penyet di rumah.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pop Shop BT21 di Jakarta Terbesar Se-Asia Tenggara, Yuk Intip
Artikel Selanjutnya
Pilihan Hotel Kapsul yang Nyaman dengan Harga Terjangkau di Jakarta