Sukses

Lifestyle

Jangan Panik! 2 Langkah Pertolongan Pertama Ketika Facebook Diretas

Fimela.com, Jakarta Media sosial dalam bentuk apapun masih cukup rentan terjadinya peretasan. Bahaya peretasan di platform online masih mengintai para penggunanya. Mulai dari kata sandi hingga akses informasi pribadi. Facebook menjadi salah satu target peretasan.

Jika akun Facebook kamu diretas, jangan langsung panik. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan akun seperti semula. Berikut selengkapnya!

1. Lapor

Jika tiba-tiba akun Facebook kamu tidak dapat diakses, ada kemungkinan peretas telah menghapus akun atau mengubah detail login. Cek terlebih dahulu di www.facebook.com/hacked dan laporkan akun yang disusupi.

Facebook akan membantu untuk mendapatkan akun kembali dengan mencari akun menggunakan alamat email atau nomor telefon. Jika mengaktifkan Pilih Teman untuk dihubungi, fitur ini bisa digunakan untuk meminta akses akun. Dalam fungsi ini, kamu bisa memilih tiga hingga lima orang yang Anda percaya yang nantinya dapat memberikan akses kembali.

Untuk mengaktifkan fungsi ini, pilih Lupa Akun? pada halaman login dan cari akun dengan memasukkan alamat email atau nomor telepon. Ketika akun ditemukan, masukkan nama salah satu kontak yang kamu percayai, yang akan menerima pemberitahuan, dan muncul sebuah tautan yang hanya dapat diakses olah penerima. Ketika teman kamu membuka link tersebut, mereka dapat memberikan kode pemulihan untuk akun kamu.

2. Ganti akses keamanan

Ketika akun telah kembali, lebih baik langsung meningkatkan keamanan akun dengan mengganti kata sandi secara berkala atau menggunakan Two-Factor Authentication atau 2FA di Pengaturan, Login dan Keamanan.

Facebook pun merekomendasikan aplikasi yang mencurigakan atau berbahaya, yang memiliki akses terhadap data di akun Facebook kamu. Klik menu Pengaturan, Aplikasi dan Situs Web dan hapus daftar aplikasi yang sudah tidak digunakan atau tidak dikenal.

Kamu juga dapat mengatur pemberitahuan tentang login yang tidak dikenali dari menu Pengaturan, Login dan Keamanan. Ketika diaktifkan, Facebook akan memberiahukan jika ada seseorang yang berusaha memasuki akun dengan akses yang tidak biasa

Loading
Artikel Selanjutnya
Pop Shop BT21 di Jakarta Terbesar Se-Asia Tenggara, Yuk Intip
Artikel Selanjutnya
Pilihan Hotel Kapsul yang Nyaman dengan Harga Terjangkau di Jakarta