Sukses

Lifestyle

5 Inspirasi Makanan Berbahan Ikan Tongkol Paling Favorit

Fimela.com, Jakarta Ikan tongkol bisa diolah jadi masakan apa saja? Wah, banyak sekali hidangan lezat yang bisa dibuat dengan ikan tongkol. Mau yang bercita rasa gurih atau yang lebih dominan pedas, kita bisa membuatnya pakai ikan tongkol.

Kali ini Fimela akan membagikan sejumlah inspirasi makanan berbahan tongkol yang paling favorit. Yuk, langsung simak selengkapnya di sini biar makin semangat memasak dan membuat olahan ikan tongkol yang lezat.

1. Pampis Ikan Tongkol Manado

Bila ingin olahan ikan tongkol yang agak kering, coba bikin pampis ikan tongkol khas Manado. Ikan tongkol kukus suwir diolah dengan bumbu halus (bawang putih, bawang merah, cabai keriting, cabai rawit, kunyuit, jahe, garam, gula, dan lada bubuk) makin sedap aromanya dengan menggunkan daun pandan, daun kemangi, daun bawang, serai, dan daun jeruk.

 

2. Gulai Ikan Tongkol

Daging ikan tongkol basah bisa diolah jadi gulai ikan tongkol yang lezat. Untuk menghilangkan bau amis ikan tongkol, lumuri ikan tongkol dengan air perasan lemon dan garam, diamkan sekitar 15 menit, kemudian goreng setengah matang. Pakai santan kental dengan daun jeruk, serai, daun kunyit, lengkuas, daun salam, kita bisa membuat hidangan gulai ikan tongkol yang sangat menggugah selera.

3. Ikan Tongkol Kecap

Mau membuat olahan ikan tongkol sederhana yang pas dinikmati dengan nasi putih hangat, coba bikin ikan tongkol kecap ini. Pakai bumbu bawang putih, bawang merah, cabai rawit, kecap manis, garam, kecap asin, lada, dan saus tiram, kita sudah bisa membuat olahan ikan tongkol kecap yang sedap.

4. Pepes Tongkol Tahu

Ikan tongkol dapat dikombinasikan dengan tahu untuk dijadikan pepes tongkol tahu yang sedap. Tahu yang sudah dihancurkan atau dilumatkan yang dicampur dengan bumbu halus (bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, jahe, tomat, dan cabai rawit) bisa dijadikan pepes dengan daging ikan tongkol yang kemudian dibungkus pakai daun pisang. Ditambah dengan daun kemangi dan irisan daun bawang akan membuat pepes ini memiliki aroma yang lebih harum.

5. Ikan Tongkol Saus Tiram

Ikan tongkol saus tiram ini juga sangat sedap. Kuah saus tiram dan kecap dengan bumbu cabai hijau, cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang putih, bawang merah, merica, dan ditambah daun kemangi membuat hidangan sederhana ini sangat memanjakan lidah.

Sekarang sudah nggak bingung lagi kan saat akan membuat olahan yang lezat dari ikan tongkol? Semoga makin rajin memasak dan semangat membuat hidangan menggugah selera di rumah, ya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Ayam Jahe Kukus ala Hainan
Artikel Selanjutnya
Resep Rica-Rica Super Pedas