Sukses

Lifestyle

5 Persiapan Mental yang Diperlukan Menjelang Ramadan

Fimela.com, Jakarta Ramadan sudah tinggal menghitung hari untuk dimulai. Tentunya ada banyak perasaan campur aduk untuk menyambut bulan suci ini. Sebelum mulai puasa, sebaiknya ada beberapa persiapan yang dilakukan, baik secara fisik maupun mental.

Untuk mempersiapkan hati dan mental, ini yang perlu dilakukan agar Bulan Ramadan berjalan penuh berkah, Sahabat Fimela.

1. Cari pengetahuan lebih banyak tentang Ramadan

Meski setiap tahun bertemu dengan Ramadan, bukan berarti setiap dari kita memahami apa makna Ramadan dan bagaimana bisa menjalaninya dengan tepat. Seringkali orang hanya menjalani begitu saja tanpa ada banyak persiapan sehingga Ramadan pun terasa biasa saja.

Sebaliknya, cari tahu lebih banyak tentang Ramadan, mengapa bulan ini penting dilakukan bagi umat muslim dan lain sebagainya. Cara ini akan mampu meningkatkan motivasi untuk lebih khidmat menjalani Ramadan.

Persiapan Mental Jelang Ramadan

2. Buat rencana Ramadan

Agar bisa menjalani Ramadan semaksimal mungkin, buat Rencana Ramadan-mu sendiri. Buat jadwal kegiatan apa yang harus dilakukan setiap hai, tak perlu mendetail, cukup buat planning sederhana seperti misalnya, baca satu lembar Al-Quran setiap selesai sholat atau sebisa mungkin tidak skip tarawih Ramadan ini.

3. Kenali hidupmu

Ini poin penting yang akan membuatmu mengetahui bagaimana dirimu memaknai Ramadan, apakah menjadi bulan-bulan seperti biasa atau bulan spesial yang menyimpan sesuatu untuk dicapai. Jika ingin bulan Ramadan menjadi spesial, kenali hidupmu. Cari motivasi untuk menjadi pribadi lebih baik, paling tidak selama Ramadan ini.

4. Keinginan apa yang ingin dicapai

Mengenali hidup erat hubungannya dengan mengenali keinginan apa yang ingin dicapai tahun ini. Jika dirimu punya hajad untuk diraih, misalnya menemukan jodoh, menikah, menentukan pekerjaan, menjadi anak lebih baik untuk ortangtua dan lain sebagainya, bulan ini adalah saat terbaik untuk berdoa dan meminta hasil yang terbaik.

Persiapan Diri sebelum Ramadan

5. Persiapan pikiran dan spiritual

Tentu pikiran harus diatur dengan baik, sikap seperti apa yang sebaiknya ditunjukkan selama Ramadan, entah itu menjaga emosi, menjadi lebih tenang atau tidak sering keluar malam. Siapkan pikiranmu untuk menjadi pribadi yang kamu inginkan. Secara spiritual, Sahabat Fimela bisa menambah ibadah dengan berbagai cara, bisa dengan lebih rajin solat atau lebih banyak berdzikir.

Ada banyak hal yang bisa dipersiapkan untuk menyambut Ramadan, namun lebih penting lagi jika ini memang dimulai dari hati dan mental, seperti sekian poin di atas. Nah, sudah memeprsiapkan apa saja Sahabat Fimela?

Tonton juga video ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading