Sukses

Lifestyle

Bolehkah Diet Vegan Saat Hamil? Ini Saran Dokter

Fimela.com, Jakarta Diet dan hamil, bolehkah dua hal ini dilakukan di saat bersamaan, terutama diet vegan? Jessica Shepherd, seorang OB/GYN melalui purewow.com, Selasa (30/4/2019) mengatakan bahwa diet vegan atau nabati masih bisa terus dilakukan saat masa kehamilan.

Namun, ingat untuk tetap berkonsultasi kepada praktisi untuk mengetahui kebutuhan diet yang harus dilakukan. Secara umum, diet vegan saat hamil harus memastikan bahwa asupan protein, asam amino, zat besi, kalsium, vitamin D, dan B12 tercukupi.

Jangan terlalu membatasi asupan kalori karena bisa menjadi masalah. Perempuan yang sedang hamil harus mengonsumsi tambahan 200 hingga 300 kalori pada trisemester kedua dan ketiga.

Diet vegan saat hamil juga tidak boleh membuatmu kekurangan nutrisi yang diperlukan, karena dapat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan janin. Untuk memastikan tubuh mendapatkan semua yang diperlukan ketika diet, konsumsi protein melalui kacang-kacangan dan biji-bijian, serta asam amino melalui tahu, kedelai, dan biji- bijian utuh.

Apakah diet vegan boleh dilakukan saat hamil?

Kebutuhan zat besi harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, kalsium bisa didapatkan dari sayuran berdaun hijau, vitamin B12 secara alami bisa didapatkan melalui makanan yang berasal dari sereal dan susu kedelai, serta kamu juga mengonsumsi suplemen vitamin D untuk melengkapi semua nutrisi yang ada.

Saksikan video menarik setelah ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading