Sukses

Lifestyle

Bau Mulut Saat Puasa? Ini Kata Pakar Kesehatan Gigi dan Mulut

Fimela.com, Jakarta Permasalahan yang kerap timbul saat berpuasa adalah bau napas yang tidak sedap. Pernahkah, sahabat Fimela bertanya-tanya mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Menurut Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClientDent., MDSc. selaku pakar kesehatan gigi dan mulut mengatakan saat berpuasa mulut seseorang akan kering dalan waktu yang cukup lama, sekitar 13 jam dari sahur hingga berbuka.

Mulut yang kering akibat tidak makan dan minum, Drg. Ratu mengatakan menyebabkan produksi air liur yang berfungsi membilas kuman penyebab plak dan bau mulut otomatis menurun. Alhasil bakteri terus menurus berkembang biak.

"Bakteri yang berkembang biak tanpa adanya pembilasan dari air liur, maka kondisi ini menghasilkan gas berbau tidak sedap dari mulut," ujarnya saat ditemui dalam acara "Pepsodent Herbal Sahur Amal 2019", di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menghindari bau mulut

Oleh karenanya, untuk menghindari bau mulut saat puasa, Drg. Ratu menyarankan untuk perbanyak minum air putih dan makanan berserat ketika sahur dan berbuka.

Serta pastikan menyikat gigi setelahnya. Hindari makanan berlemak, terlalu manis dan asin, serta minum yang tinggi kadar kafeinnya.

"Menyikat gigi dua kalo sehari selama puasa, selesai sahur dan sebelum tidur malam," tutupnya.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Angka Kematian Akibat Corona COVID-19 di Spanyol Kini Lampaui 10.000
Artikel Selanjutnya
3-4-2018: Tragedi Penembakan di Markas YouTube