Sukses

Lifestyle

Cara Mengolah Sayur pakis Agar Tidak Bergetah dan Gatal

Fimela.com, Jakarta Kebetulan melihat ada sayur pakis di pasar dan penasaran ingin mengolahnya? Boleh saja, beli saja dulu. Tidak seperti sayur lainnya yang cukup dipotong, dicuci dan langsung dimasak, pakis memang perlu sedikit perlakuan berbeda agar bisa mengolahnya menjadi makanan enak.

Beberapa orang yang tak bisa mengolah pakis mungkin akan merasa ada getah pada sayur pakis dan merasakan gatal. Ini cara menghilangkan getah dan gatal pada pakis.

1. Remas-remas dengan garam

Setelah dipotong-potong dan diambil daunnya yang masih muda, remas-remas pakis dengan garam untuk menghilangkan getahnya. Cara ini juga bisa menghilangkan bakteri-bakteri atau hewan-hewan kecil yang mungkin menempel di daun pakis.

2 dari 3 halaman

Tips Mengolah Pakis

2. Cuci bersih beberapa kali

Setelah diremas dengan garam, cuci bersih beberapa kali untuk menghilangkan getahnya. Ini cara yang cukup mudah dilakukan menghilangkan getah dan bulu halus pada pakis. Paling tidak dua kali dicuci.

3. Masak hingga matang

Seringkali gatal disebabkan oleh sayur yang tidak dimasak hingga matang. Pastikan memasak pakis cukup lama agar memastikan pakis matang benar sehingga tidak menimbulkan gatal.

Meski tampaknya memang agar ribet, tapi pakis bisa jadi olahan makanan yang bikin nagih lho. Itu dia sekian cara menghilangkan getah dan gatal pada sayur pakis.

3 dari 3 halaman

Tonton juga video yang satu ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Sekian Tips Menyimpan Tempe Tak Cepat Busuk!
Artikel Selanjutnya
4 Tips Memilih dan Membeli Sayur Pakis yang Bagus!