Sukses

Lifestyle

Pertama Kali Gunakan Lensa Kontak, Ini yang Perlu Diperhatikan Bagi Remaja

Fimela.com, Jakarta Penggunaan lensa kontak semakin berkembang, khususnya bagi orang yang memiliki segudang aktivitas. Lensa kontak dinilai mempermudah seseorang untuk beraktivitas tanpa perlu repot lagi dengan kacamata. Hal serupa pun bisa dilakukan oleh remaja.

Di kalangan remaja saat ini, penggunaan lensa kontak pun semakin banyak. Lensa kontak akan membantu para remaja mengekspresikan diri melalui beragam kegiatan yang mereka lakukan. Bukan tidak mungkin jika remaja menjadi bagian dari pengguna pemula lensa kontak.

Mia Al Maidah selaku Brand Manager Acuvue pun menekankan bahwa terdapat tiga hal utama yang perlu diperhatikan oleh remaja ketika pertama kali menggunakan lensa kontak. Apa saja?

1. Jenis lensa kontak

Di pasaran terjual beragam jenis lensa kontak. Berdasarkan jenis aktivitas yang dilakukan, kamu perlu menemukan jenis lensa yang tepat. Acuvue sendiri menghadirkan dua jenis lensa kontak, yakni lensa hidrogel dan lensa silikon hidrogel. Jika kamu memiliki aktivitas yang dilakukan seharian, sebaiknya memilih lensa kontak silikon hidrogel. Lensa jenis ini mampu menyimpan oksigen lebih banyak sehingga memberikan kelembapan lebih lama.

2. Ukuran yang tepat

Ukuran mata dan pupil setiap orang adalah berbeda. Sehingga penting bagi kamu untuk menemukan ukuran lensa yang tepat. Kamu pun hanya perlu datang ke optik untuk memastikan ukuran lensa yang sesuai sehingga ketika digunakan kamu merasa nyaman.

 

Hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan lensa kontak

3. Kebersihan

Hal ini menjadi esensi penting dari menjaga kesehatan mata ketika menggunakan lensa kontak. Penggunaan lensa kontak sendiri artinya memasukkan suatu bahan ke dalam mata sehingga perlu diperhatikan kebersihannya. Sebelum memegang lensa kontak, harus cuci tangan terlebih dahulu. Jangan biasakan untuk tidur mengenakan lensa kontak.

4. Menjaga mata tetap lembap

Bukan tidak mungkin jika mata akan terasa kering ketika mengenakan lensa kontak. Untuk mengembalikan kelembapan pada mata, bisa gunakan tetesan mata atau yang disebut solution. Namun penggunaan solution ini hanya boleh digunakan empat kali dalam sehari. Jika lebih dari jumlah tersebut mata kamu masih terasa kering, sebaiknya ganti jenis lensa kontak yang lebih baik.

Loading