Sukses

Lifestyle

Hati-Hati, Pengeluaran Selama Ramadan Bisa Membengkak karena 3 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Saat menjalankan ibadah puasa Ramadan, kesempatan untuk banyak jajan camilan memang terbatas, tapi bukan berarti pengeluaran akan ikut berkurang. Justru, di bulan Ramadan pengeluaran bisa membengkak. Kok bisa, ya?

Pengeluaran di bulan Ramadan justru akan lebih banyak karena ada kebutuhan ekstra di luar spending pokok. Hal-hal ini seringkali luput dari perhitungan, padahal jumlahnya bisa lumayan, lho.

Coba ya, diingat-ingat lagi yang lalu-lalu, apakah hal-hal yang disebutkan di bawah ini benar jadi pengeluaran terbesarmu selama Ramadan? Kalau iya, jadikan pedoman agar Ramadan kali ini bisa lebih mengontrol pengeluaran!

1. Buka puasa bersama

Tentu saja ini harus diperhitungkan. Berapa kali kamu menghadiri acara buka puasa bersama dalam satu bulan? Biaya yang dikeluarkan pasti tidak sedikit. Jika benar-benar ingin mengontrol pengeluaran, baiknya kamu memilih dengan bijak acara buka puasa bersama yang akan didatangi.

2. Jajan makanan buka puasa

Jajan sedikit makanan ekstra untuk buka puasa, tapi dilakukan sepanjang bulan; sama saja borosnya! Hal ini mungkin juga luput dari perhatian karena mengeluarkan uangnya hanya dalam jumlah sedikit. Padahal sedikit demi sedikit lama-lama jadi bukit!

3. Bagi-bagi THR

Pengeluaran ini mungkin jadi kewajiban ketika Ramadan atau menjelang lebaran. Bagi mereka yang mengatur keuangan dengan cermat, pengeluaran untuk hal ini pasti telah diperhitungkan, bahkan dipersiapkan jauh-jauh hari. Namun jika tidak; bagi-bagi THR saat lebaran bisa mengakibatkan pengeluaran tak terkontrol.

Setelah mengetahui asal muasal membengkaknya pengeluaran selama Ramadan, semoga tahun ini kamu bisa lebih berhati-hati, ya, Sahabat Fimela!

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Ide Aktivitas Saat Staycation di Bulan Ramadan
Artikel Selanjutnya
Ramadan 2021: 4 Jenis Kurma dan Khasiatnya untuk Kesehatan