Sukses

Lifestyle

3 Hal Penting untuk Mempersiapkan Puasa dengan Hati Tenang dan Tentram

Fimela.com, Jakarta Tak terasa besok sudah masuk bulan Ramadan. Saatnya untuk menahan hawa nafsu dan dengan khusyuk melakukan ibadah agar mendapat pahala yang barokah. Ibadah puasa Ramadan pasti akan lebih tenang jika hati bersih. Nah, untuk mencapai ketenangan tersebut, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan.

Saat Ramadan ada baiknya bersihkan hati sebelum beribadah. Ibarat tubuh yang dibersihkan, batin dan pikiran kita juga memerlukan detoksifikasi diri agar tidak lagi terbebani dengan hal-hal yang mengurangi nilai spiritual puasa. Apa saja sih yang sebaiknya dilakukan?

Sucikan hati sebelum ibadah dimulai.

  • Pertama, memaafkan dan meminta maaf. Luka tak akan sembuh dengan kata maaf, tapi ini adalah langkah pertama untuk memiliki perasaan yang lega dan tenang. Dendam hanya akan membuat hidup jadi tak enak.
  • Kedua, lunasi hutang dengan segera. Coba selesaikan masalah utang piutang agar tidak menimbulkan prasangka buruk.
  • Jangan menyimpan rasa penasaran atau "kepo" dalam benak. Jujur mengungkapkan bisa membantu mendetoks pikiran kurang baik dalam hidup. Selesaikan semua masalah yang mengganjal secara baik-baik tanpa melukai hati siapapun.

Batin yang bersih akan membuatmu lebih siap dalam menghadapi Ramadan. Sucikan hati di bulan yang penuh berkah ini untuk meraup pahala sebanyak-banyaknya.

Simak Video Ini Juga Yuk.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Enno Lerian Atasi Bad Mood
Artikel Selanjutnya
Saat Arus Balik, Ragam Kegiatan yang Bisa Dilakukan dengan THR Menipis