Sukses

Lifestyle

Menu Makanan Sahur dan Buka Puasa yang Baik untuk Kesehatan Lambung, Menurut Ahli Gizi

Fimela.com, Jakarta Sebulan penuh umat muslim akan menjalankan puasa Ramadan, selain mempersiapkan iman maka diperlukan juga tubuh yang sehat untuk menjalankan kewajiban tersebut. Menu makanan untuk sahur dan berbuka menjadi hal yang penting penunjang kesehatan tubuh.

Ahli Gizi Prof. Hardinsyah, MS. PhD pun menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan ketika sahur dan berbuka puasa di bulan Ramadan. Seperti saat sahur, pastikan memeriksa kesehatan terlebih dahulu.

Prof. Hardinsyah mengatakan apabila seseorang memiliki kolestrol tinggi, sakit gigi, atau hiperglikemia, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Namun jika tidak, sahabat Fimela dapat menyiapakan sahur puasa Ramadan sambil banyak bergerak. “Waktu ini untuk menormalkan lambung,” ujarnya saat ditemui di peluncuran gerakan "Makan Bijak" bersama Mylanta di Fx Sudirman, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Makanan dan minuman saat sahur

Ketika sahur usahan tidak mengonsumis minuman manis. Untuk menjaga kesimbangan gula darah dan lemak. “Kalo minum teh atau kopi boleh asalkan tidak menggunakan pemanis,” ujarnya.

Gula juga dapat membuat mudah lapar karena mudah diserap oleh tubuh, yang cepat meningkatkan kadar insulin. Sebaiknya, sebelum makan minum segelas air putih.

Sedangkan untuk makanan, konsumsilah makanan tinggu segar karena dapat bertahan lebih lama. “Sayur asem bisa menjadi menu terbaik karena ada jagung, melinjo, dan kacang yang tinggi serat,” paparnya.

Buah-buah seperti pepaya, pisang, dan jeruk juga dapat dikonsumsi saat sahur karena kaya akan zat gizi. Dan sebelum imsak, minumlah setidaknya tiga gelas air.

Penelitian yang pernah dilakukan Hardinsyah menunjukkan, minum enam gelas sehari di Bulan Ramadan dianggap sudah cukup menghidrasi tubuh.

Menu buka puasa

Ketika berbuka puasa pasti banyak orang yang kalap makan banyak menu berbuka puasa. Padahal, usahakan untuk makan perlahan untuk menormalkan lambung.

“ketika berbuka perut dalam kondisi kosong dan lemah karena tidak makan dan minum sepanjang hari. Sehingga, jangan membuat perut "kaget" dengan langsung makan banyak,” ujarnya.

Hindari konsumsi kopi atau teh untuk berbuka karena kafein dalam minuman tersebut bisa menimbulkan gangguan lambung.

Dan jangan makan-makanan dengan rasa yang terlalu ektreme. Seperti terlalu asin atau terlalu pedas.

#GrowFearless with FIMELA

Loading