Sukses

Lifestyle

Makanan yang Menyebabkan Perut Kembung Saat Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan, Sahabat Fimela! Mengiringi semangat berpuasa di awal-awal seperti ini, jangan lupa memikirkan menu yang dikonsumsi saat buka dan sahur. Sebab. itu bisa mempengaruhi stamina selama berpuasa, lho!

Menyeimbangkan nutrisi dengan konsumsi buah dan sayur masih jadi saran terbaik agar tubuh tetap fit selama puasa Ramadan. Tapi, hati-hati. Sebab beberapa buah dan sayur bisa memberi efek tak nyaman pada perut.

Biar puasa lebih nyaman, ada baiknya batasi konsumsi makanan yang disebutkan di bawah ini.

Brokoli

Sayuran jenis cruciferous ini bisa mengandung gas yang bisa memicu perut kembung. Begitu pula dengan sayuran jenis cruciferous lainnya seperti kol, kale, kembang kol, pakchoy, dan lobak. Baiknya batasi mengonsumsi sayuran ini selama puasa, ya!

Dairy Product

Susu, keju, mentega merupakan produk olahan susu yang paling umum dikonsumsi dalam keseharian. Tapi, ternyata makanan dan minuman tersebut tidak baik dikonsumsi saat puasa karena bisa membuat perut kembung bahkan diare saat menjalankan puasa.

Apel

Buah yang satu ini mengandung kadar fruktosa yang cukup tinggi. Hal ini memicu kemungkinan perut kembung dan gangguan masalah pencernaan setelah mengonsumsinya.

Buah lain yang mengandung kadar fruktosa tinggi di antaranya pir, semangka, dan mangga. Untuk buah-buahan, coba cari alternatif lain seperti pisang, alpukat, atau melon.

Soda

Tidak sedang berpuasa pun soda tidak baik dikonsumsi, apalagi saat puasa? Minuman ini mengandung banyak karbondisoksida yang bisa membuat perut kembung.

 

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading