Sukses

Lifestyle

12 Makanan Berserat yang Harus Jadi Menu Sahur selama Ramadan!

Fimela.com, Jakarta Selama sahur, ada salah satu kriteria makanan yang wajib jadi menu setiap hari selama bulan Ramadan, yaitu makanan berserat. Makanan berserat kurang lebih mampu memegang peran penting dalam menentukan seberapa lama seseorang tidak mudah lapar atau tahan kenyang dalam waktu lama.

Mengonsumsi makanan berserat lebih diutamakan saat sahur karena itulah waktu terakhir bisa makan sebelum menjalankan puasa sehari penuh. Jika ingin makan sahur yang berserat, ini sekian makanan yang patut jadi menu setiap hari.

1. Apel: Apel mengandung serat tinggi serta kaya vitamin dan mineral yang akan sangat mengenyangkan bahkan jika hanya makan satu buah.

2. Pir: Buah dengan kandungan air tinggi ini sangat kaya serat, menyegarkan dan mudah dicerna sehingga lebih nyaman dimakan selama sahur.

3. Jambu biji: Jambu biji adalah buah padat lainnya yang tinggi serat. Jika suka jambu biji, bisa dijadikan jus atau dimakan begitu saja dengan membuang bagian bijinya.

4. Alpukat: Meski berdaging lembt, alpukat tinggi serat yang mengenyangkan. Belum lagi lemak sehatnya yang bisa menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh.

5. Pisang: Pisang juga jadi buah tinggi serat yang mudah larut, namun karena gulanya yang tinggi, lebih baik porsinya disesuaikan dengan buah atau sayuran lainnya.

6. Jeruk: Jeruk bukan hanya tinggi serat tapi juga tinggi vitamin C yang berbepran sebagai antioksidan dan penting dalam menjaga metabolisme tubuh.

7. Buncis: Tumis buncis mungkin jadi makanan yang patut dicoba sebagai menu makan shaur karena bukan hanya tinggi vitamin dan mineral, seratnya yang tinggi sangat mengenyangkan.

8. Wortel: Jangan menyaring wortel yang telah diblender atau dijadikan jus, akan lebih baik jika wortel dimakan begitu saja dengan seratnya. Tinggi gizi dan serat untuk menjaga perut kenyang.

9. Brokoli: Selama puasa, makan sahur sayur brokoli akan membuat perut kenyang lebih lama sekaligus menyehatkan.

10. Sawi: Sawi dapat diolah menjadi berbagai menu makanan terutama yang praktis saat sahur seperti misalnya sahur.

11. Ceciwis: Menjadi salah satu keluarga brokoli, ceciwis atau baby kailan mamapu memenuhi kebutuhan serat tubuh yang sangat tepat untuk menjalani puasa bebas lapar.

12. Kangkung: Kangkung juga menjadi sayuran tinggi serat dengan daun dan batangnya yang dapat dimakan seluruhnya.

Nah, itu dia sekian makanan tinggi serat yang patut dimakan selama sahur dan mampu menjaga perut kenyang lebih lama sementara menjalani banyak aktivitas selama puasa.

Tonton video berikut ini

Loading