Sukses

Lifestyle

7 Keistimewaan Memperbanyak Sedekah di Bulan Ramadan

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh dengan ampunan dan berkah. Saatnya untuk melipatgandakan amal dan ibadah kita. Nah, salah satu amalan yang sangat dahsyat manfaatnya adalah sedekah. Sedekah yang dilakukan di bulan Ramadan juga akan banyak sekali berkahnya.

Mengapa sedekah jadi hal penting untuk dilakukan? Karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala memuliakan orang-orang yang bersedekah. Berikut ini adalah sekian keutamaan memperbanyak sedekah di bulan Ramadan.

Keistimewaan sedekah.

1. Ampunan dosa

Dosa akan dihapuskan dengan sedekah. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

2. Membersihkan harta

Sedekah diibaratkan air yang membasuh harta sehingga harta yang dimiliki jadi berkah. Seperti dikatakan Rasulullah dalam adist Riwayat Muslim:

"Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

3. Membuka pintu surga

Orang yang bersedekah akan memiliki jalan mudah menuju surga.

Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari no.3666, Muslim no. 1027)

4. Pahala berlipat ganda

Disebutkan dalam Alquran bahwa “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Sedekah membawa banyak manfaat untuk hidup di dunia dan akhirat.

5. Perlindungan di hari kiamat

Ada tujuh jenis manusia yang mendapat perlindungan di hari akhir, seperti yang dikatakan Rasulullah, salah satunya adalah yang bersedekah

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)

6. Bebas siksa kubur dan api neraka

Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur.” (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873)

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah” (HR. Al Bukhari 6539, Muslim 1016)

7. Ketenangan dan rasa bahagia dalam hati

Bahagia itu sederhana, yaitu bisa berbagi dengan sesama. Disadari atau tidak bersedekah akan membuatmu merasa bahagia yang tak terkira. Berbagi kebahagiaan dengan sesama merupakan hal yang luar biasa.

Jangan bosan untuk bersedekah dan rasakan langsung manfaatnya untuk dirimu dan orang lain. Mumpung bulan Ramadan yuk perbanyak bersedekah untuk mendapatkan banyak berkah dan manfaat.

Simak video ini juga yuk.

#GrowFearless with FIMELA.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading