Sukses

Lifestyle

Minum Air Jahe Hangat Saat Buka Puasa, Ini 4 Khasiatnya

Fimela.com, Jakarta Saat waktu berbuka puasa tiba kadang kita tak sabar untuk menyantap semua hidangan yang ada. Kalap makan saat buka puasa jelas bukan hal yang baik. Agar puasanya berkah dan kesehatan tubuh tetap terjaga, penting untuk tetap menjaga pola makan yang baik dan tidak berlebihan.

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh selama puasa di bulan Ramadan adalah dengan minum segelas air jahe hangat pada saat buka puasa. Jahe dikenal sebagai rempah yang kaya akan antioksidan. Sebagai agen inflamasi dan anti mikroba, jahe dapat membantu mencegah peradangan dan bakteri penyebab beberapa penyakit ringan seperti flu, demam atau sakit perut. Minum air jahe hangat secukupnya saat buka puasa bisa memberi sejumlah manfaat.

1. Membantu Mengendalikan Nafsu Makan

Dikutip dari lifehack.org, jahe bisa mengurangi nafsu makan karena bisa membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Bila tidak ingin kalap makan saat berbuka puasa, coba minum segelas air jahe terlebih dahulu. Dengan cara ini, kita akan lebih mudah mengendalikan nafsu makan kita.

 

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cuaca yang tidak menentu kadang membuat kondisi tubuh gampang sakit. Di bulan puasa ini agar kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik, kita bisa coba rutin minum air jahe hangat pada waktu berbuka. Jahe punya kandungan yang bisa bantu membersihkan sistem limfa, mengeluarkan racun, dan membunuh bakteri. Sehingga kekebalan tubuh bisa meningkat dan tidak gampang jatuh sakit lagi.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Susah buang air besar karena kurang konsumsi serat? Atau perut kembung karena pola makan yang salah saat sahur sebelumnya? Coba atasi dengan segelas air jahe hangat pada waktu berbuka puasa. Setelah minum air jahe, dalam waktu beberapa menit biasanya kondisi perut akan membaik. Jahe bisa bantu merilekskan usus dalam perut sehingga dapat membantu mengatasi sejumlah gangguan dan masalah pencernaan.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Jahe memiliki kandungan antioksidan yang dapat memperbaiki kerja jantung serta melawan penyempitan arteri. Minum segelas jahe hangat diyakini bisa bantu melancarkan peredaran darah. Setelah puasa seharian penuh, proses detoksifikasi yang terjadi bisa dimaksimalkan dengan minum segelas air jahe hangat pada saat berbuka puasa.

Coba pada saat berbuka puasa nanti sempatkan untuk minum segelas air jahe hangat dan dapatkan manfaatnya. Semoga info ini bermanfaat dan bisa membantumu untuk tetap bugar selam bulan puasa, ya.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading