Sukses

Lifestyle

4 Tips Agar Kue Nastar Tidak Retak

Fimela.com, Jakarta Kue nastar sangat identik sebagai kue lebaran. Kue ini pun sering dihadirkan sebagai suguhan di berbagai acara istimewa. Cocok juga dijadikan teman ngemil sambil bersantai di rumah.

Salah satu masalah yang kerap dihadapi saat memasak atau memanggang kue nastar adalah permukaannya yang retak. Berharap bisa mendapat kue nastar yang lembut dan mulus, tapi malah retak dan berantakan. Agar kue nastar bebas retak, ada sejumlah tips yang bisa diikuti berikut ini.

1. Aduk Adonan dengan Spatula Anti Lengket

Adonan dasar nastar sebaiknya dikocok dan diuleni dengan spatula anti lengket. Karena bila diaduk pakai tangan, bisa menyebabkan margarin mencair sehingga adonan jadi mudah retak.

 

 

2. Adonan Jangan Sampai Terlalu Lembek

Takaran tepung dan mentega harus benar-benar tepat. Bila adonan terlalu lembek, nantinya ketika dipanggang, permukaannya bisa pecah dan retak. Kalau adonan masih lengket dan gampang menempel di tangan ketika dibentuk, maka penting untuk mengukur kembali takarannya.

3. Gunakan Selai yang Padat dan Kering

Selai yang terlalu basah bisa membuat kue nastar pecah saat dipanggang. Disarankan menggunakan selai yang teksturnya padat dan kering. Kita bisa membuat selai nanas sendiri yang kering. Caranya parut 1 buah nanas, lalu masak di kuali sampai airnya keluar, kemudian masak kembali hingga benar-benar kering, tambahkan gula, kemudian aduk terus hingga warnanya berubah lebih tua.

4.Olesi dengan Kuning Telur setelah Dipanggang Setengah Matang

Proses pengolesan kuning telur dilakukan setelah kue nastar dipanggang setengah matang. Biasanya kue nastar perlu dipanggang dulu selama 10 menit baru kemudian diolesi dengan kuning telur. Setelah itu, panggang lagi selama sekitar 5 menit sampai kue benar-benar matang.

Semoga tips-tips di atas membantumu untuk bisa membuat dan menghasilkan kue nastar yang lembut dan mulus, ya. Setelah ini pasti akan makin semangat menyiapkan kue lebaran buatan sendiri.

 

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

;
Loading