Sukses

Lifestyle

4 Hal Penting dalam Kontrak yang Wajib Diperiksa Sebelum Bekerja

Fimela.com, Jakarta Kontrak bukan hanya selembar kertas berisi perjanjian kerja, kamu harus benar-benar memperhatikannya sebelum menerima pekerjaan baru. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 27% pengacara gagal memeriksa kontrak mereka sebelum pindah ke pekerjaan baru.

Sayangnya, tidak memperhatikan kontrak berarti kehilangan kesempatan untuk menegosiasikan hal-hal penting yang berhubungan dengan pekerjaan, seperti spesifikasi pekerjaan, jam kerja, gaji, dan pensiun. Dilansir dari independent.co.uk, Jumat (10/5/2019), berikut ini adalah beberapa hal penting yang wajib kamu perhatikan dalam kontrak sebelum memutuskan pindah pekerjaan.

1. Program pensiun

Saat ini program pensiun telah masuk ke dalam persyaratan hukum. Akan ada beberapa persen dari gajimu yang dimasukkan ke dalam skema pensiun.

2. Cuti berbayar

Cuti berbayar masuk ke dalam hak liburmu. Ya, walaupun tempat kerja satu dengan tempat kerja lainnya memiliki aturan yang berbeda tentang hal tersebut.

Mengetahui hak liburmu di awal sangat penting, agar tidak mengganggu rencana perjalanan yang telah dibuat di awal. Bagi perusahaan, hak libur juga dapat membantu pekerja menilai apa peran atau pekerjaan yang ditawarkan cocok untuk mereka.

 

Fleksibilitas pekerjaan dan tunjangan sakit, serta kematian

3. Fleksibilitas

Fleksibilitas pekerjaan juga penting untuk diketahui di awal. Pengaturan kerja yang fleksibel sangat bermanfaat bagi banyak orang.

4. Tunjangan sakit dan kematian

Apa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan tentang penyakit dan kematian juga penting untuk diperhatikan sebelum kamu memutuskan pindah pekerjaan. Menurut undang-undang, setiap orang memiliki hak atas tunjangan sakit.

Mintalah salinan kertas dari kontrakmu. Jika suatu waktu kamu mendapatkan promosi, mintalah segala sesuatunya ditulis.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading