Sukses

Lifestyle

Jangan Tunda Terlalu Lama, Ini Hal Penting Saat Merencanakan Mudik Lebaran Tahun Ini

Fimela.com, Jakarta Meski puasa baru memasuki minggu pertama, mudik menjadi hal yang harus sudah dipikirkan sejak dini. Bahkan, tidak sedikit orang yang sudah merencanakan perjalanan mudiknya untuk merayakan Lebaran nanti bersama keluarga. 

Setiap tahunnya, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan untuk pulang ke kampung halaman untuk merayakan Hari Raya Lebaran bersama keluarga besar. Baik Warna Negara Indonesia (WNI) yang bekerja atau tinggal di luar negeri yang akan pulang ke Indonesia, atau juga orang yang merantau yang akan kembali ke kampung halaman. 

Meskipun pada umumnya masyarakat memesan tiket transportasi untuk mudik sekitar tiga bulan hingga satu tahun sebelumnya, ternyata menurut catatan Tokopedia, masih ada penggunanya yang membeli tiket pesawat atau kereta kurang dari satu bulan sebelum Lebaran.

Karena itu, harga tiket pesawat dan kereta pun akan meningkat. Selain itu, tiket mudik Lebaran akan dengan cepat habis terjual. Sehingga, sebaiknya Sahabat Fimela tidak menunda perencanaan mudik Lebaran tahun ini.

 

2 dari 3 halaman

Cari Tiket Sejak Awal

Penting sekali untuk mencari tiket pesawat secepat-cepatnya untuk mudik ke kampung halaman. Pasalnya, semakin lama harga tiket pesawat dan kereta akan naik, dan juga sold out. 

Maka tidak heran jika data Tokopedia menunjukkan, pada bulan Ramadan tahun 2018, tercatat adanya peningkatan jumlah pembelian tiket pesawat sebesar lebih dari 60 persen, serta kenaikan pada jumlah pembelian tiket kereta sebesar lebih dari 80 persen. Jadi, jangan sampai kehabisan tiket untuk mudik, ya! 

3 dari 3 halaman

Mudik Gratis dan Aman

Bagi Sahabat Fimela yang akan pulang menggunakan sepeda motor, ada baiknya untuk mencoba program pemerintah Mudik Gratis yang memang setiap tahun diadakan menjelang Lebaran. 

Namun, dikarenakan jarak yang jauh dan juga kemacetan lalu lintas, mudik menggunakan sepeda motor tentu saja sangat melelahkan. Faktor lelah ini, tulis Liputan6.com, dapat meningkatkan angka kecelakaan selama musim mudik. Karena itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengajak masyarakat yang kerap menggunakan sepeda motor untuk memanfaatkan momen mudik gratis dengan kapal laut pada musim mudik Lebaran 2019 nanti. 

"Motor dan para pemudik diangkut dengan kapal laut. Mudik jadi lebih aman dan nyaman," jelasnya. 

#GrowFearless with FIMELA

Loading