Sukses

Lifestyle

Ini 7 Manfaat Sehat Makan Cincau saat Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Cincau sepertinya menjadi salah satu makanan takjil yang jadi favorit saat bulan Ramadan, dan sepertinya di mana-mana akan lebih mudah ditemukan menu-menu takjil dengan cincau, baik itu cincau hitam maupun cincau hijau.

Memang paling enak jika buka puasa dengan takjil cincau, tapi tahukah bahwa ternyata mengonsumsi cincau sebagai takjil berbuka pausa punya banyak manfaat kesehatan untuk tubuh.

1. Melancarkan pencernaan

Makan cincau ternyata bisa melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya yang baik bisa membantu mengeluarkan sampah dan racun di dalam sistem pencernaan. Jika punya masalah sembelit, bisa nih makan cincau untuk melancarkan pencernaan. Kandungan vitamin B dan C dalam cincau juga mampu mencegah diare atau meredakan gejalanya.

2. Menjaga berat badan

Cincau tidak memiliki kalori karena dibuat alami dari daun cau dan tidak memiliki rasa alias hambar, ada pun rasa adalah sedikit pahit.

3. Menetralkan asam lambung dan menurunkan suhu tubuh

Makan cincau paling baik saat perut kosong karena membuat tubuh terasa lebih dingin karena memiliki kandungan tentradine, alkaloid, falavonoid dan saponin yang efeknya memang memberi kenyamanan pada pencernaan setelah seharian puasa dan menumbuk asam lambung tinggi di perut.

2 dari 3 halaman

Manfaat Berbuka dengan Cincau

4. Menjaga tekanan darah dan kolesterol

Karena rendah kalori, cincau juga sangat baik menjaga tekanan darah dan kolesterol sehingga bisa menyeimbangkan kolesterol dari makanan lain yang dikonsumsi saat buka puasa seperti gorengan dan makanan bersantan.

5. Menurunkan berat badan

Karena seratnya yang tinggi dan rendah kalori, cincau bisa menjaga berat badan selama menjalani puasa dan menjaga agar kita tidak makan berlebih saat buka puasa. Cincau membuat perut kenyang lebih lama sehingga menahan diri tidak makan terlalu banyak.

6. Mencegah Diabetes

Cincau memiliki kandungan klorofil dan bisbenzilsokuinolin yang mampu menyerap gula dan menjaga kadar insulin tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita diabetes dan bisa mencegah diabetes.

7. Mencegah kanker

Cincau ternyata juga bersifat anti karsinogenik, mengandung antioksidan tinggi seperti S-S tetandrin dan isokandrodendrin yang membantu menjaga sel-sel sehat organ tubuh, terutama hati, perut dan ginjal.

Wah, ternyata itu sekian manfaat yang bisa didapat jika makan cincau sebagai takjil selama Ramadan.

3 dari 3 halaman

Tonton video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Hindari, 5 Hal Ini Bisa Mengurangi Pahala Puasa Ramadan
Artikel Selanjutnya
Sering Sulit Menahan Emosi? Lakukan 10 Trik Ini Selama Bulan Puasa