Sukses

Lifestyle

5 Tips Agar Kue Kering Tidak Melebar Saat Dipanggang dan Cantik Bentuknya

Fimela.com, Jakarta Pernah nggak merasa kesal ketika kue yang tadinya sudah dicetak dengan cantik malah rusak dan melebar ketika dipanggang? Sedih banget ya pastinya. Agar kue kering tidak melebar saat dipanggang dan cantik bentuknya, ada beberapa hal yang memang perlu diperhatikan.

Mulai dari proses pengocokan dan soal takaran kita perlu memerhatikannya dengan baik. Baik dalam pembuatan kue putri salju atau kue nastar, ada beberapa hal dasar yang perlu kita ketahui agar hasilnya sesuai harapan. Selengkapnya, langsung simak di sini ya.

1. Pengocokan Margarin dan Gula Cukup Sampai Tercampur Rata

Salah satu penyebab kue kering melebar ketika dipanggang adalah karena pengocokan margarin dan gula yang terlalu lama. Untuk itu, dalam proses pengocokan margarin dan gula cukup sampai lembut dan tercampur rata. Tidak perlu dikocok terlalu lama. Kecuali mungkin untuk pembuatan kue lidah kucing, proses pengocokan margarin dan gula bisa lama untuk mendapatkan hasil yang melebar dan pipih.

 

 

2. Jangan Berlebihan dalam Penggunaan Soda Kue

Bila dalam resep yang kita pakai ada soda kue atau baking soda, pemakaiannya harus sesuai takaran. Karena bila berlebihan bisa membuat kue jadi melebar saat dipanggang. Atau bisa gunakan baking powder saja tapi efeknya kue kering akan meninggi ketika dipanggang. Secara umum, maksimal kita hanya perlu menggunakan 1/2 sdt soda kue atau baking powder untuk takaran 600 gram tepung.

3. Uleni Adonan dengan Spatula, Tak Perlu Sampai Terlalu Kalis

Aduk dan uleni adonan sampai tercampur rata dan tidak lengket. Tak perlu sampai terlalu kalis. Dengan spatula, aduk adonan dengan gerakan searah agar bisa lebih cepat tercampur rata.

4. Gunakan Mentega atau Margarin yang Sudah Disimpan di Lemari Es

Salah satu penyebab kue kering melebar biasanya karena margarin yang dikocok tidak dalam keadaan beku. Bila selama ini kita sudah mencoba takaran yang pas tapi hasil kuenya masih melebar, kita bisa coba pakai margarin atau mentega yang sudah lebih dulu disimpan di dalam kulkas sampai beku. Konsistensi mentega atau margarin yang padat bisa membuat adonan kue jadi lebih stabil.

5. Jumlah Telur Sesuai Takaran Resep

Telur bisa membuat kue mengembang. Di satu sisi penggunaan telur bisa membuat kue terasa lebih lembut, tapi kalau kebanyakan bisa membuat adonan malah melebar ketika dipanggang. Bila sudah mencoba sesuai takaran tapi kue masih juga mengembang, mungkin kita bisa mencari alternatif menggunakan telur yang bentuknya lebih kecil.

Apakah Sahabat Fimela punya pengalaman sendiri terkait gagal membuat kue dan bentuknya melebar saat di panggang? Atau mungkin punya tips-tips lain yang lebih efektif untuk mengatasinya? Boleh lho di-share di sini.

 

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Menu Hari Ini Serba Sayur: Cah Baby Kailan, Tumis Pakcoy dan Oseng Genjer
Artikel Selanjutnya
Suka Rasa Caramel, Begini Kepribadian Berdasarkan Cupcake Favorit!