Sukses

Lifestyle

5 Tips Membuat Kue Lidah Kucing yang Tipis dan Renyah

Fimela.com, Jakarta Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue lidah kucing memang sangat simpel. Tapi ada teknik sendiri agar bisa mendapatkan hasil kue lidah kucing yang tipsi dan renyah serta lumer di mulut. Kita pun bisa membuat kue lidah kucing polos, bisa juga diberi pewarna, atau diberi tambahan topping seperti keju.

Bagi yang baru pertama kali mencoba membuat kue lidah kucing, ada beberapa tips penting nih yang perlu diperhatikan. Agar hasilnya sempurna dengan tekstur lidah kucing yang renyah dan pipih, berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

1. Pastikan Tidak Ada Kuning Telur yang Masuk ke Adonan

Kue lidah kucing dibuat hanya dengan putih telur saja. Kuning telurnya harus benar-benar dipisahkan dan jangan sampai masuk ke adonan, ya. Kalau kuning telur tercampur ke adonan, nantinya kue lidah kucing tidak bisa mengembang. Di wadah lain, pisahkan bagian kuning telur dan putih telur. Lalu gunakan putih telur yang benar-benar bebas dari kuning telur untuk adonan lidah kucing.

 

2. Kocok Mentega Hingga Berwarna Putih dan Kaku

Mentega yang dikocok dengan mixer harus sampai berwarna putih dan kaku. Dengan hasil kocokan mentega yang sempurna, bentuk kue lidah kucing nantinya juga akan bagus. Seperti dalam proses pengocokan mentega dengan gula halus dan perisa vanili, kita perlu megocoknya sampai mengembang.

3. Gunakan Loyang Berbahan Aluminium

Loyang khusus untuk kue lidah kucing sudah memiliki ceruk-ceruk di dalamnya. Gunakan loyang yang berbahan aluminium yang tebal dan berkualitas. Olesi loyang dengan margarin tawar supaya kue lidah kucing nanti bisa mudah dilepaskan saat matang. Oleskan margarin tipis-tipis saja pada loyang secara merata, ya.

4. Panggang dengan Api Kecil

Bentuknya yang tipis membuat kue lidah kucing rentang cepat gosong atau hangus saat dipanggang. Oleh karena itu, gunakan api kecil saja saat memanggangnya bila menggunakan oven kompor. Kalau api yang digunakan terlalu besar, nantinya bagian pinggir kue gosong tapi bagian tengahnya masih mentah. Jadi pastikan panas apinya tidak terlalu kuat.

5. Angkat Kue setelah Uap Panasnya Hilang

Setelah kue lidah kucing matang, sebaiknya tunggu beberapa menit terlebih dahulu sampai uap panasnya hilang. Tak harus menunggu sampai benar-benar dingin, karena kalau kelewat dingin malah sulit diangkat dari loyang. Saat masih agak hangat dan uap panas sudah hilang, kita bisa memindahkan kue lidah kucing dari loyang ke cooling rack. Baru setelah itu bisa disimpan dalam stoples bertutup rapat.

Itu tadi sejumlah tips yang bisa dicoba untuk membuat kue lidah kucing yang tipis dan renyah. Semoga tips-tipsnya bermanfaat dan semoga hasil kue lidah kucing yang dibuat sesuai harapan.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Resep Sup Iga Kambing Rempah Sedap dan Mantap
Artikel Selanjutnya
Perawatan Kulit Wajah Praktis Selama Ramadan dengan Perasan Lemon