Sukses

Lifestyle

Jam-jam Rentan Ngantuk Saat Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Sudah bukan rahasia lagi jika banyak yang merasa ngantuk di siang hari saat bulan puasa. Well, ini terjadi karena perubahan pola tidur di bulan ramadan.

Seperti yang dilansir oleh hellosehat, penelitian menunjukkan bahwa rata-rata terdapat penundaan waktu tidur selama satu jam di bulan puasa, dan jam bertidur berkurang sebanyak 30-60 menit yang pada akhirnya menyebabkan orang yang berpuasa mengantuk di siang hari.

Jam siang hari ini memang dirasa berat untuk yang sedang berpuasa.

Nah, di jam-jam berapa saja sih waktu yang paling rentan bikin ngantuk orang berpuasa? Ternyata jam 14:00 sampai 16:00 menjadi waktu paling ngantuk bagi yang sedang berpuasa.

Rasa kantuk yang dirasakan ini pun menyebabkan peningkatan frekuensi tidur siang sampai tiga kali lipat di bulan ramadan, walaupun kondisi ini biasanya kembali normal dalam 15 hari setelah berpuasa. Selain itu, tidak adanya asupan kafein atau nikotin karena sedang berpuasa membuat kantuk semakin menjadi-jadi bagi sebagian orang.

Agar tak mengantuk sebaiknya di malam hari jadwalkan tidur lebih awal. Ini untuk membayar rasa kantuk di siang hari. Usahakan untuk sering terpapar sinar matahari di siang hari juga.

Jika memang rasa kantuk sudah tak tertahan, sempatkan untuk tidur selama 15-30 menit cukup untuk mengistirahatkan tubuh agar tetap segar di siang hari saat beraktivitas.

 

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading