Sukses

Lifestyle

Penting, 7 Langkah Menghemat Uang Sebelum Lebaran

Fimela.com, Jakarta Lebaran sebentar lagi dan tidak dipungkiri bahwa banyak orang sedang memutar otak untuk bisa menghemat uang. Ya, Lebaran menjadi satu momen tersendiri bagi banyak orang untuk pulang kampung dan menghabiskan waktu dengan keluarga dan orang-orang terkasih.

Dilansir dari huffpost.com, Senin (13/5/2019), berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang sebelum Lebaran. Penasaran?

1. Perlakukan tabungan seperti tagihan

Tentukan berapa banyak dan seberapa sering kamu harus menabung. Perlakukan tabunganmu seperti tagihan dengan transfer otomatis agar terisi secara rutin.

2. Negosiasi

Kamu bisa melakukan negosiasi tagihan, seperti kartu kredit, biaya keanggotaan gym, langganan internet, atau asuransi mobil. Jika negosiasi berhasil, kamu bisa mendapatkan lebih banyak uang yang bisa disimpan.

3. Gunakan aplikasi cash back

Saat ini banyak aplikasi yang menawarkan cash back, kamu bisa mendapatkan uang dari apa yang sudah dibeli.

4. Ikuti aturan 1 barang terbeli, 1 barang terjual

Cara kerjanya adalah barang apapun yang kamu beli, harus ada 1 barang lainnya yang terjual. Cara ini dapat membantumu untuk lebih memikirkan pembelian dan menggunakan barang-barang yang benar-benar perlu, menghemat lebih banyak uang.

 

Membagi dua jumlah tagihan

5. Menggunakan metode setengah pembayaran

Untuk tagihan apapun yang kamu miliki, kamu bisa membaginya menjadi dua. Setengah tagihan bisa kamu bayarkan di awal gajian, setengahnya lagi kamu bayarkan menjelang gajian bulan berikutnya.

6. Berhenti nonton di bioskop

Cobalah untuk menghentikan kebiasaan nonton di bioskop, kamu hanya menghabiskan banyak uang. Film-film yang diputar di bioskop pada akhirnya bisa kamu tonton secara online, kamu hanya perlu bersabar.

7. Beli kebutuhan secara online

Ya, ini adalah ide yang baik. Membeli kebutuhan secara online tidak hanya mempermudah hidupmu, namun juga memberikanmu lebih banyak penawaran menarik, seperti promo dan diskon.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading