Sukses

Lifestyle

Kereta Api Bukan Satu-Satunya Pilihan, Ini Alternatif Kendaraan untuk Mudik ke Jawa Lewat Jalur Darat

Fimela.com, Jakarta Mudik Lebaran setiap tahunnya menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Bukan hanya umat Muslim saja yang ingin merayakan Idul Fitiri di kampung halaman, tetapi juga masyarakat lain juga biasanya memanfaatkan momen ini untuk ikut pulang ke kampung halaman, berkumpul kembali bersama keluarga. 

Setiap tahunnya, pemudik yang akan pulang ke daerah Jawa memiliki berbagai pilihan angkutan umum. Ada yang memilih naik pesawat meski harganya super mahal namun dapat menghemat waktu. Ada pula yang memilih untuk naik kereta api atau juga mobil travel. 

Namun, tahukah kamu kalau pesawat dan kerata api bukan dua pilihan tersisa untukmu yang ingin mudik ke Jawa? Dilansir dari Liputan6, ada plihan lain yang bisa kamu pertimbangkan. 

 

Lewat Tol Trans Jawa

Dilansir dari Liputan6.com (10/5/2019), KAI memang menyediakan 2.500 kursi mudik gratis tahun ini. Namun, tentu saja pemudik yang berminat untuk naik kereta tidak pernah berkurang jumlahnya. Untuk itu, bagi kamu yang memiliki kedaraan pribadi, bisa memanfaatkan Tol Trans Jawa. 

Tol ini sudah terhubung dari Merak menuju Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, sepanjang 901,03 km. Jadi, bagi kamu yang tidak kebagian kursi KAI gratis untuk mudik nanti, bisa memanfaatkan jalur tol ini, ya! 

Bus Trans Jawa

Jika tidak ingin menggunakan mobil pribadi, kamu juga bisa mencoba alternatif lain, yaitu Bus Trans Jawa. Liputan6 menulis, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyatakan, bus Trans Jawa akan beroperasi untuk angkutan mudik Lebaran 2019. Uji cobanya akan dilaksanakan Mei ini. Sebanyak 80 bus siap melayani rute Jakarta-Surabaya dan sebaliknya. 

Jadi, jangan khawatir jika tidak memiliki kendaraan pribadi, ya Sahabat Fimela! Jangan lupa juga untuk membawa keperluan yang dibutuhkan untuk diperjalanan nanti, termasuk obat-obatan. 

#GrowFearless with FIMELA

Loading