Sukses

Lifestyle

Selain Kurma, Ini 5 Makanan Favorit Rasulullah SAW untuk Buka Puasa

Fimela.com, Jakarta Marhaban ya Ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan. Tak terasa hari ini umat muslim telah sampai pada hari ke 8 puasa Ramadan. Bicara mengenai aktivitas berpuasa, ada momen yang sangat mengesankan dari puasa yakni momen berbuka puasa dan momen sahur.

Untuk mendapatkan tubuh yang senantiasa bugar dan kebutuhan nutrisi sehari-hari tercukupi dengan baik, melansir dari laman brilicious.brilio.com, kita harus pandai-pandai dalam memilih makanan untuk berbuka dan sahur. Selian kurma, ada beberapa makanan super sehat yang sunah dikonsumsi saat berbuka puasa karena makanan ini juga merupakan makanan kesukaan Rasulullah Muhammad SAW untuk berbuka. Makanan apa saja? Simak yang berikut ini.

Buah Anggur

Makanan setelah kurma yang sangat disukai Rasulullah SAW untuk berbuka adalah anggur. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Nuaim dijelaskan, "Kalian mempunyai kismis (anggur). Ia dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak."

2 dari 4 halaman

Makanan yang Disukai Rasulullah SAW

Zaitun

Makanan selanjutnya yang sangat disukai Rasulullah SAW untuk berbuka adalah buah zaitun. Zaitun mengandung segudang manfaat buat kesehatan sehingga sangat baik untuk menu buka maupun sahur. Dari Abu Usaid Al-Anshari, Rasulullah SAW bersabda, "Makanlah minyak zaitun. Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya, sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi." (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Trimidzi).

Buah Ara atau Buah Tin

Buah ara juga sering kali disebut sebagai buah tin. Buah ini menjadi menu buka puasa kesukaan Rasulullah SAW. Buah tin mengandung nutrisi yang sangat baik buat tubuh. Konsumsi buah tin saat berbuka setelah seharian perut kosong, ini bisa bermanfaat mencegah sembelit, penyakit usus, lambung, haid dan bisul.

3 dari 4 halaman

Makanan Lainnya

Labu

Makanan selanjutnya yang juga menjadi pilihan Rasulullah SAW untuk berbuka puasa adalah labu. Labu mengandung nutrisi yang sangat baik buat tubuh. Labu juga bersifat mengenyangkan. Labu bahkan bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera.

Buah Delima

Makanan selanjutnya yang menjadj pilihan Rasulullah SAW adalah buah delima. Buah ini mengandung banyak nutrisi. Buah delima juga kaya akan berkah serta rahmat. Dalam surat Ar-Rahman ayat 68 dijelaskan, "di dalam kedua-dua surga terdapat pohon buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima."

Itulah beberapa makanan yang menjadi pilihan Rasullah SAW untuk menu berbuka puasa. Selain bisa dikonsumsi saat berbuka, makanan ini juga sangat baik dijadikan menu tambahan sahur. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi yang menjalankan.

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Bersiap JakCloth Lebaran 2019 akan Tour ke Sembilan Kota di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Sering Haus, Begini Cara Mencukupi Kebutuhan Air Selama Puasa Ramadan!