Sukses

Lifestyle

Bikin Sakit Perut, 7 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Saat Buka Puasa!

Fimela.com, Jakarta Menjelang waktu berbuka puasa, tentu yang harus disiapkan adalah makanan yang enak. Tapi sebaiknya makanan yang dipilih juga tidak sembarangan, karena beberapa makanan justru bisa menyebabkan sakit perut jika dikonsumsi saat perut kosong seperti saat berbuka puasa. Ini sekian makanan yang sebaiknya dihindari.

1. Makan pedas

Cabai memiliki senyawa capsaicin yang pedas, kemungkinan bisa mengiritasi dinding lambung dan menyebabkan reaksi asam yang membuat perut kram dan nyeri. Makan makanan pedas juga bisa menyebabkan diare.

2. Minuman manis kemasan

Minuman manis tentu enak saat buka puasa, tapi minum minuman manis kemasan seperti jus buah, energy drink dan lain sebagainya dalam keadaan perut kosong tak baik untuk perut. Gula dalam bentuk fruktosa pada minuman kemasan dapat menyebabkan hati bekerja keras mengolahnya, padahal hati juga butuh pemanasan untuk mengolah secara perlahan.

3. Minuman bersoda

Minuman bersoda atau minuman karbonasi juga bisa mengiritasi perut bahkan meningkatkan asam lambung jika diminum dalam keadaan perut kosong. Inilah yang bisa membuat sakit perut.

Makanan yang Harus Dihindari saat Buka Puasa

4. Buah dengan rasa asam

Asam di lambung sudah tinggi sebaiknya tidak ditambah dengan makan buah asam seperti nanas, strawberry atau jeruk. Minumlah air putih hangat lebih dulu sebelum makan buah-buahan saat buka puasa.

5. Minuman dingin

Minuman dingin saat buka puasa diyakini dapat merusak selaput lendir dan membuat metabolisme dan sistem pencernaan lamban. Minuman dingin juga membuat perut terasa dingin dan kaku serta menahan lemak dan zat sisa tetap di dalam usus.

6. Sayuran mentah

Serat pada sayur memang sehat namun jika mengonsumsinya langsung saat buka puasa justru akan membuat perut kaget karena harus bekerja keras mencerna sayur yang padat.

7. Kopi

Kopi membuat perut kembung dan meminumnya saat buka puasa justru akan menaikkan asam lambung. Keasaman dalam kopi akan merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan yang menyebabkan gastritis pada beberapa orang.

Jadi, itu dia sekian makanan dan minuman yang sebaiknya tidak langsung dimakan saat buka puasa jika tak ingin sakit perut ya, Sahabat Fimela.

Tonton video berikut ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Menjaga Kebersihan Kuku Selama Bulan Ramadan
Artikel Selanjutnya
Tampil Cantik Saat Bukber dengan Pulasan Makeup Hanya 5 Menit