Sukses

Lifestyle

Ulasan: Buku "Islamic Montessori Usia 0-3 Tahun dan 3-6 Tahun" karya Zahra Zahira

Fimela.com, Jakarta Judul: Islamic Montessori 0-3 Tahun dan 3-6 Tahun

Penulis: Zahra Zahira

Editor Keislaman: Yanthi Haryati, S.Psi. M.Pd

Penyunting: Linggar Swastika

Penyunting Akhir: Irwan Rouf

Pendesain Sampul: Budi Setiawan

Foto Cover: Sardo Michael

Penata Letak: Didit Sasono

Diterbitkan pertama kali oleh: anakkita (anakkita.co.id)

Pernah dengar metode Montessori? Metode pengajaran Montessori sudah dikenal sejak dulu, sebagai metode pengajaran yang diakui oleh dunia pendidikan sebagai ‘alat’ ampuh mendidik anak-anak. Hal ini karena ada metodenya diaplikasikan sesuai dengan perkembangan dan usia anak-anak. Tapi bagaimana dengan Islamic Montessori? Pernah dengar istilah tersebut?

Islamic Montessori

Metode Montessori bisa digunakan untuk mendidik anak usia di bawah enam tahun dengan kasih sayang dan lebih humanis. Metode ini memprioritaskan penghormatan kepada anak-anak dan universal, bisa diaplikasikan lintas ras, budaya, suku, dan agama. Zahra Zahira yang berlatar belakang seorang pendidik yang belajar langsung di Melbourne Montessori School mengadopsi metode Montessori dengan pendekatan Islami. Sehingga, lahirlah  Islamic Montessori, yaitu sebuah metode pendekatan mendidik cara Montessori, berfondasi nilai-nilai Islami.

Pada dasarnya, pendidikan model ini bertujuan membentuk kemandirian anak dan mendekatkan anak-anak kepada Allah SWT. Semua dimulai dari anak-anak di bawah 6 tahun. Caranya dengan memberikan benda-benda yang konkret atau nyata dan berinteraksi dengan makhluk ciptaan Allah. Dalam buku Islamic Montessori: Panduan Mendidik Anak dengan Metode Montessori dan Pendekatan Nilai-Nilai Islami karya Zahra Zahira, kita akan memahami lebih lanjut metode ini sekaligus penerapannya yang bisa langsung dipraktikkan dalam mendidik anak pada fase golden age. 

Buku yang diterbitkan full colour ini ada dua seri, untuk usia 0-3 tahun dan usia 3-6 tahun. Pembelajaran Islamic Montessori mencakup pada Islamic studies, practical life, sensoris, matematika, bahasa, dan culture. Penerapan aktivitas Montessori buku ini dikemas dengan menarik, menyenangkan, dan tak lupa pula selalu mengajak anak-anak untuk mengingat kebesaran dan keagungan sang Pencipta. Dilengkapi juga dengan lembaran Form Observasi Aktivitas Perkembangan Anak.

Islamic Montessori Usia 0-3 Tahun

“Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya. Sungguh mereka akan menghadapi masa yang berbeda dari masamu.”(Ali bin Abi Thalib)

Mendidik anak di zaman serba teknologi dan informasi tentu sangat berbeda. Anak-anak yang terlahir di atas tahun 2010 disebut juga Generasi Alfa, generasi yang telah terpapar teknologi sejak bayi, piawai menggunakan tombol touchscreen, dan cepat mengakses informasi. Generasi Alfa dikenal juga dengan Digital Natives Generation, generasi yang lahir dan besar di era internet.

Mendidik generasi ini tidak lagi cukup menjelaskan sesuatu hanya dengan kertas dan pensil saja, karena mereka adalah generasi yang kritis dan pintar. Generasi ini membutuhkan sebuah metode pembelajaran yang lebih dari itu. Salah satu metode pendidikan yang dapat diaplikasikan untuk Generasi Alfa adalah Metode Montessori.

Buku Islamic Montessori 0-3 tahun ini dipersiapkan sebagai pendamping dalam pembelajaran Montessori Islami yang mencakup pada islamic studies, kognitif, motorik, sensoris, dan bahasa. Penerapan aktivitas Montessori buku ini dikemas dengan menarik, menyenangkan, dan tak lupa pula selalu mengajak anak-anak untuk mengingat kebesaran dan keagungan Allah SWT, sang Pencipta.

Islamic Montessori Usia 3-6 Tahun

Menghargai anak-anak adalah fondasi dari seluruh filosofi Montessori. Orang tua perlu menunjukkan rasa hormat dengan membantu mereka menawarkan berbagai hal dan belajar untuk diri mereka sendiri. Apabila anak dipercaya untuk menentukan pilihan, maka anak akan mengembangkan keterampilan dan kemampuan pembelajaran yang mandiri dan positif.

Pada anak-anak Digital Native Generation atau Generasi Alfa yang sejak usia bayi telah terpapar oleh teknologi dan informasi, pendekatan pendidikan tidak lagi serba manual seperti pada generasi sebelumnya. Dibutuhkan pendekatan yang tepat sasaran pada generasi era internet ini sebagai fondasi mereka mengembangkan potensi diri, salah satunya Metode Montessori.

Buku Islamic Montessori Usia 3-6 Tahun ini dipersiapkan sebagai pendamping dalam pembelajaran Montessori Islami yang mencakup pada islamic studies, practical life, sensoris, matematika, bahasa, dan culture. Penerapan aktivitas Montessori buku ini dikemas dengan menarik, menyenangkan, dan tak lupa pula selalu mengajak Generasi Alfa untuk mengingat kebesaran dan keagungan Allah SWT, sang Pencipta.

Dilengkapi Contoh-Contoh Aktivitas sesuai dengan Usia Anak

Buku Islamic Montessori tak hanya berisi informasi bermanfaat terkait perkembangan anak di usia 0-6 tahun. Buku ini juga dilengkapi dengan berbagai contoh aktivitas dengan menggunakan Metode Montessori yang bisa langsung kita coba gunakan dalam mendidik anak. 

Misalnya, dalam belajar menyayangi hewan peliharaan seperti ikan di akuarium. Orangtua bisa memberikan contoh memberi makan ikan. Awali dengan bismillah, saat ini kita akan belajar menyayangi ciptaan Allah. Alhamdulillah kita diberikan amanah untuk memelihara dan menjaganya. Lalu kita bisa memberi contoh menaburkan makanan ikan ke dalam akuarium. Selanjutnya, berikan kesempatan anak mengikuti langkah bundanya memberi makan ikan. Dan akhiri aktivitas ini dengan Alhamdulillah, sembari bercerita seputar ikan-ikan dalam akuarium tersebut.

Sementara belajar materi Islam dalam mengenalkan kebesaran Allah, bisa menggunakan buku kisah nabi-nabi. Ajak anak-anak untuk mendengarkan cerita dari bunda. Metode mendengarkan cerita ini bisa disampaikan untuk anak usia di bawah tiga tahun.

Panduan Mendidik Anak dengan Metode Islamic Montessori

Sebagai referensi pendampingan untuk orangtua yang memiliki buah hati berusia 0 sampai 6 tahun, buku ini sangat membantu kita mengoptimalkan tahap perkembangan anak. Setiap usia anak dan tahap perkembangannya perlu difasilitasi dengan baik agar tumbuh kembangnya bisa maksimal. Sebab ada beberapa tahap perkembangan pada anak usia 0-3 tahun dan 3-6 tahun yang harus diperhatikan orang tua, yaitu spiritual, fisik, kognitif, sosial, dan emosional. Dengan cara mendidik yang tepat, harapannya kita bisa membantu anak menggali potensi terbaiknya.

Buku Islamic Montessori bisa jadi panduan dan referensi yang bermanfaat bagi kita yang ingin memberikan pendidikan dan pola pengasuhan pada anak dengan pendekatan nilai-nilai Islami. Melalui kegiatan sehari-hari, menggunakan benda-benda yang ada di rumah,  dan meluangkan waktu bersama anak secara optimal, kita bisa berusaha memastikan anak bisa berkembang sesuai dengan usianya. Anak-anak pun pasti akan menyukai berbagai aktivitas seru yang dirancang untuknya. 

 

 

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Ulasan: Buku Mengatasi Gawat Darurat pada Anak
Artikel Selanjutnya
Ulasan: Tukar Takdir Karya Valiant Budi