Sukses

Lifestyle

7 Hal yang Tidak Disadari dapat Memperburuk Alergi

Fimela.com, Jakarta Alergi bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti udara, bunga, atau sinar matahari. Namun, tahukah kamu apa saja yang bisa memperburuk alergi?

Dilansir dari purewow.com, Kamis (16/5/2019), berikut ini adalah beberapa hal yang tidak disadari dapat memperburuk alergi. Penasaran apa saja?

1. Pakaian

Untuk menghentikan penyebaran alergen, segera ganti pakaian begitu kamu sampai di rumah dan cucilah dengan air panas. Cara lainnya adalah mandi sebelum tidur untuk menghilangkan alergen yang menempel di rambut dan kulit.

2. Buah dan sayuran tertentu

Beberapa buah dan sayuran mentah, seperti apel, tomat, dan seledri memiliki protein di permukaan yang dapat membingungkan tubuh. Ini disebut sindrom alergi oral dan dapat menyebabkan gejala mengganggu, seperti tenggorokan dan mulut yang gatal.

3. Stres

Penelitian menunjukkan bahwa stres juga bisa menjadi penyebab alergi. Tingkat stres yang tinggi dapat menimbulkan risiko yang lebih tinggi untuk alergi.

 

Lilin, lensa kontak, alkohol, dan asap rokok

4. Lilin

Bahan kimia dalam wewangian bisa mengganggu kamu yang menderita alergi.

5. Lensa kontak

Jika kamu memiliki alergi, singkirkan lensa kontak dan pakailah kacamata. Mengenakan lensa kontak dapat menjebak serbuk sari di mata dan menyebabkan iritasi.

6. Alkohol

Minuman keras dapat bertindak sebagai vasodilator, yang memperlebar pembuluh darah dan menyebabkan pilek. Khususnya anggur merah yang mengandung kadar sulfit tinggi, senyawa yang dapat menyebabkan reaksi alergi.

7. Asap rokok

Bahkan jika kamu adalah seorang perokok, jaga jarak dari perokok pasif yang dapat memperkuat munculnya gejala alergi.

Saksikan video menarik setelah ini

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading