Sukses

Lifestyle

Agar Orangtua Selalu Bahagia dan Diampuni Dosanya, Baca Doa Ini

Fimela.com, Jakarta Setiap anak pasti ingin melihat kedua orangtuanya hidup bahagia selalu dan diampuni segala dosa-dosanya oleh Allah SWT. Di bulan suci Ramadan yang penuh dengan kemuliaan ini, setidaknya ini menjadi waktu yang sangat tepat untuk memohon kepada Allah agar kita diberi orangtua yang selalu bahagia dan diampuni segala dosa-dosanya.

Dalam QS. Al Isra ayat 24, Allah berfirman mengingatkan umat manusia untuk senantiasa berbuat baik kepada orangtuanya. Allah juga mengingatkan manusia untuk mendoakan orangtuanya karena pada dasarnya, amalan yang tak pernah putus ada 3 perkara yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh yang selalu mendoakan orangtuanya.

Dari Abu Hurairah r.a berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila anak Adam itu mati, maka terputuslah amalnya, kecuali (amal) dari tiga ini: sedekah yang berlaku terus menerus, pengetahuan yang dimanfaatkan dan anak sholeh yang mendoakan dia." (HR. Muslim).

2 dari 3 halaman

Bagaimana Doa untuk Orangtua?

Dalam Alquran surat Ibrahim ayat 41 dijelaskan bahwa doa untuk kedua orangtua adalah sebagai berikut.

"Rabbanaaghfirlii wa liwalidayya wa lilmu'miniina yauma yaquu mulkhisaab."

Artinya: Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mu'min pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)." (QS. Ibrahim, 41).

Adapun doa lain yang telah disepakati para ahli ulama untuk kebahagiaan, keselamatan serta pengampunan orangtua adalah sebagai berikut.

"Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiira, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khairaati, rabbighfir warham wa annta khairur raahimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi."

Artinya: Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah di antara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya upaya kecuali dengan pertolongan-Mu."

Itulah doa memohon kebahagiaan dan ampunan orangtua. Mari sama-sama menjadi anak yang selalu membanggakan orangtua dan mendoakan kebaikan untuk mereka berdua. Tanpa kita sadari, setiap orangtua pasti senantiasa mendoakan yang terbaik pula bagi kita. Marhaban ya Ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

 

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Kelelahan, Raffi Ahmad Kena Usil Teman-temannya
Artikel Selanjutnya
Ingin Jadi Imam yang Baik, Rizal Armada Pilih Hijrah