Sukses

Lifestyle

5 Tips Membuat Selai Nanas Legit yang Tahan Lama untuk Isian Nastar

Fimela.com, Jakarta Salah satu kunci untuk membuat kue nastar yang enak adalah selai nanas yang legit dan kering. Cuma memang untuk membaut selai nanas yang bisa tahan lama dan sesuai selera gampang-gampang susah. Mulai dari pemilihan nanas hingga proses memasaknya.

Bisa saja kita menggunakan selai nanas yang sudah jadi untuk kue nastar. Tapi bila ingin hasilnya lebih sesuai selera dan bebas pengawet, menggunakan selai nanas buatan sendiri bisa jauh lebih baik. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar bisa membuat selai nanas legit yang tahan lama untuk kue nastar. Berikut selengkapnya.

1. Pilih Nanas yang Ranum

Nanas madu merupakan salah satu jenis nanas yang direkomendasikan untuk dijadikan selai nanas. Pilih nanas yang ranum, warnanya kuning tua, dan aromanya wangi. Nanas yang tidak terlalu berair juga cocok untuk dijadikan selai.

2. Gunakan Parutan untuk Menghaluskan Nanas

Memang yang paling simpel untuk menghaluskan nanas adalah dengan menggunakan blender. Tapi bila dihaluskan dengan blender, hasilnya nanti akan menjadi seperti bubur dan berair. Lebih baik diparut memanjang agar nantinya selai nanas bisa tampak serat-seratnya. Gunakan parutan yang tajam supaya daging buahnya tidak terlalu hancur.

 

3. Gula Dimasukkan Belakangan

Nanas yang sudah dihaluskan perlu dimasak dulu sampai benar-benar mengental. Baru setelah itu, gula bisa dimasukkan. Dengan memasukkan gula belakangan, tekstur selai nanas nantinya bisa lebih kesat. Masak sampai gula menjadi karamel.

4. Tambahkan Sedikit Garam

Kita bisa menambahkan sedikit garam pada proses pemasakan nanas menjadi selai. Selain bisa memperkuat rasanya, garam juga bisa berfungsi sebagai pengawet alami. Tak perlu terlalu banyak, sejumput garam saja sudah cukup.

5. Simpan dalam Wadah Bersih Kedap Udara

Setelah matang, selai nanas bisa didiamkan sebentar agar uapnya hilang. Setelah itu, simpan dalam wadah bersih kedap udara. Jauhkan dari barang-barang atau bahan makanan lain yang beraroma kuat. Kita bisa menyimpannya di dalam kulkas agar lebih awet.

Tips-tipsnya cukup mudah, bukan? Semoga infonya bisa membantumu untuk menghasilkan selai nanas yang diinginkan untuk isian kue nastar.

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Kalah Swag dari BLACKPINK, Cara Ibu-Ibu Ini Serukan Ibadah Ramadan
Artikel Selanjutnya
Intip Cara Memilih Warna Hijab Agar Wajah Terlihat Cerah