Sukses

Lifestyle

5 Tips Bagi Ibu Agar Tak Kebobolan Belanja Sepanjang Ramadan

Fimela.com, Jakarta Siapa yang menyangka jika saat Ramadan anggaran belanja jadi lebih membengkak. Harusnya, di bulan ini umat muslim diwajibkan untuk tidak makan dan minum dari masuknya waktu subuh hingga adzan magrib. Ini berarti umat muslim hanya diberi dua waktu untuk makan dan minum. Yakni pada waktu sahur dan berbuka. Lalu, mengapa banyak ibu yang anggaran belanjanya makin kebobolan di bulan ini?

Para ibu cenderung menyediakan hidangan yang lebih lengkap, lezat dan bergizi pada saat berbuka dan sahur. Hal ini tak lepas dari kekhawatiran mereka jika anggota keluarganya tidak dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan baik jika makanan yang disajikan seadanya saja. Nah, berikut ini ada lima tips yang bisa dimanfaatkan oleh para ibu seperti yang dilansir oleh CupoNation.

Tips agar anggaran tak kebobolan saat Ramadan tiba.

  • Yang pertama adalah siapkan budget khusus selama Ramadan. Ini dapat membantu para ibu untuk memantau pengeluaran dan menghindarkan diri dari overspending. Anggaran belanja yang telah ditetapkan cenderung membuat para ibu lebih fokus dalam membeli barang-barang yang dibutuhkan dan menekan pengeluaran yang tak perlu. Untuk mempermudah tugas ibu, ada beberapa aplikasiexpense manager yang dapat diunduh secara gratis seperti Wally, Spendee, dan Money Lover.
  • Next adalah membuat daftar menu selama Ramadan. Ini akan membantu ibu untuk mengestimasi bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk memasak. Akan jadi lebih mudah dan hemat dalam berbelanja tanpa ada bahan yang mubadzir.
  • Cek selalu promo-promo Ramadan yang banyak diberikan oleh gerai supermarket atau minimarket terdekat. Namun para ibu tetap harus hati-hati dan jangan sampai lupa diri hingga membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.
  • Saat malas memasak, ibu bisa membeli makanan jadi. Kadang membeli makanan jadi bisa jadi salah satu cara untuk berhemat karena kita bisa menentukan harganya tanpa kebablasan. Cukup dengan memasak nasi, para ibu hanya perlu membeli lauk dan sayur untuk dihidangkan bagi keluarga.
  • Makan di luar tak selamanya boros kok. Ibu juga bisa membandingkan harga paket buffet Ramadan yang ditawarkan hotel atau restoran di dekat rumah. Carilah promo yang hemat dan sesuai dengan anggaran.

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan ya moms! Semoga kita diberi hidayah dan kekuatan untuk menjalaninya.

 

Simak juga video ini Sahabat Fimela.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Produk Rumah Tangga Ini Hadirkan Kegiatan Menarik Selama Ramadan
Artikel Selanjutnya
Jika Ingin Lebih Bahagia, Jadilah Pribadi yang Pemaaf