Sukses

Lifestyle

Beban Hidup Terasa Berat, Lantunkan Doa Ini untuk Meringankannya

Fimela.com, Jakarta Setiap manusia pasti memiliki masalahnya masing-masing. Ada yang masalahnya dirasa sangat berat, namun ada masalah yang dianggap tak seberapa. Mengenai masalah dalam hidup yang tak jarang menjadi beban hidup, sebenarnya ini adalah cara Tuhan untuk membuatmu lebih kuat dan sabar.

Tuhan tak akan pernah memberikan cobaan atau ujian di luar batas kemampuan hamba-Nya. Tuhan juga tak memberikan cobaan atau ujian jika cobaan serta ujian tersebut tak ada penyelesaiannya. Seperti halnya roda yang berputar, jalan hidup manusia juga akan berubah-ubah. Ada kalanya di atas dan menuai kesuksesan, ada kalanya di bawah dan terasa sangat memberatkan.

Melansir dari laman Liputan6.com, ketika hidup dalam sebuah masalah yang terasa berat dan nyaris membuat putus asa, lantunkan doa kepada Allah SWT untuk meringankan beban hidup tersebut. Doa tersebut terkandung dalam Surat Al Baqarah ayat 286.

Doa Agar Beban Hidup Terasa Lebih Ringan

Berikut doa untuk memohon keringanan atas beban atau masalah hidup yang dinilai berat.

“Rabbanaa laa tu’aakhidznaa in nasiinaa au akhtha’naa. Rabbanaa wa laa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘alaa alladziina min qablina. Rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaa qatalanaa bihi. Wa’fu’annaa, waghfirlanaa, warhamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa ‘alaa al-qaumi al-kaafiriin.”

Artinya: Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat, sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kamu, ampunilah kami dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.

Itulah doa untuk memohon keringanan atas beban hidup yang menurut kita terlalu berat untuk dijalani. Selain melantunkan doa di atas, penting bagi kita untuk lebih mendekatkan diri dengan Tuhan, memperbanyak dzikir dan beribadah kepada-Nya. Marhaban ya Ramadan, selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan.

 

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Loading