Sukses

Lifestyle

Tips Kue Lidah Kucing Tidak Mudah Hancur dan Gampang Gosong!

Fimela.com, Jakarta Menjelang lebaran, ada banyak kue kering yang mungkin bisa dibuat di rumah, salah satunya adalah lidah kucing. Meski tampaknya sederhana, ternyata tak semua orang bisa membuat lidah kucing yang berhasil, seperti misalnya tidak mudah hancur maupun tidak gosong.

Banyak orang salah menakar resep atau kelebihan memberikan bahan tertentu, tapi ini caranya agar bisa membuat lidah kucing yang tidak mudah hancur dan gosong.

1. Gunakan kuning telur

Resep awal adanya kue lidah kucing sebenarnya tidak menggunakan kuning telur agar bentuknya tipis karena penambahan kuning telur membuat lidah kucing agak tebal. Namun justru inilah yang menolong agar kue tidak mudah hancur saat dipanggang. Kuning telur membantu memertahankan bentuk padat dan kokoh lidah kucing.

Begitu pula, kuning telur membantu agar kue tidak mudah gosong saat dipanggang karena ketebalan adonan akan membuat panas merata dan tidak memanggang hingga gosong karena panas oven dan bahan yang dipanggang sudah sesuai.

Tips Lidah Kucing Tak Hancur dan Gosong

2. Jangan kebanyakan gula

Penambahan gula yang terlalu banyak akan mempercepat kue gosong karena gula akan mengalami karamelisasi dan 'membakar' kue. Perhatikan jika pinggirannya mulai kecokelatan sedangkan adonan tengahnya belum matang benar, maka ini tanda kebanyakan gula. Jika memang ingin tipis, maka turunkan atau sesuaikan suhu oven.

3. Gunakan margarin

Lebih enak dan lembut jika kue lidah kucing menggunakan mentega. Namun hanya menggunakan mentega (yang mana lebih cepat leleh dan membuat adonan halus) akan lebih mudah membuat kue hancur setelah matang. Kombinasikan porsi mentega dengan margarin. Margarin bisa membuat lidah kucing lebih kokoh namun tetap renyah.

Nah Sahabat Fimela, itu dia tiga tips agar lidah kucing tak hancur dan gosong saat dipanggang sehingga bisa menghasilkan kue lidah kucing yang sesuai harapan.

Tonton juga video yang satu ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Populo X Kelly Tandiono Suarakan Isu Pemanasan Global Lewat Koleksi Tomorrow
Artikel Selanjutnya
Chanel Chance 2020 Hadirkan Parfum dan Hair Oil Kemasan Pensil