Sukses

Lifestyle

Adab Sebelum Tidur Ala Rasulullah SAW dalam Islam

Fimela.com, Jakarta Tidur merupakan kebutuhan pokok setiap orang. Melalui tidur, seseorang bisa mendapatkan performa tubuh yang kembali bugar dan segar. Apalagi jika tidur ini dilakukan setelah lelah beraktivitas selama seharian.

Mengenai aktivitas tidur sendiri, bagi umat muslim sebaiknya tidak lupakan adab sebelum tidur seperti yang telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dengan memperhatikan dan menerapkan adab ini, dirimu tak hanya mendapatkan pahala dari aktivitas tidur juga akan mendapatkan tidur yang lebih nyenyak serta berkualitas.

2 dari 3 halaman

Adab Sebelum Tidur

Melansir dari laman muslim.co, inilah adab sebelum tidur ala Rasulullah SAW dalam Islam.

  1. Tidur dalam keadaan wudhu. Umat muslim disarankan untuk wudhu dulu setiap kali hendak tidur. Dari Al Baro bin Azib, Rasulullah SAW bersabda, “Jika engkai mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk salat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” (HR. Bukhari dan Muslim).
  2. Setelah berwudhu, adab sebelum tidur selanjutnya adalah berbaring pada sisi kanan. Tidur dalam posisi ini dikatakan sebagai posisi terbaik dan menjauhkan diri dari segala godaan setan selama tidur.
  3. Adab ketiga adalah meniup telapak tangan sambil membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan surat An-Naas masing-masing sekali. Setelah itu usapkan kedua telapak tangan ke wajah.
  4. Adab keempat adalah membaca ayat kursi. Melantunkan ayat suci bertujuan agar kita terhindar dari bujuk rayu setan. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Jika engkau hendak berbaring di atas tempat tidirmu bacalah ayat Al Kursi karena dengannya engkau selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan setan tidak akan bisa mendekatimu sampai pagi. Benar yang dikatakannya padahal dia itu pendusta. Dia itu setan.” (HR. Bukhari).
  5. Adab kelima adalah membaca doa sebelum tidur. Doa tersebut adalah sebagai berikut, “Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).”
  6. Adab keenam adalah tidurlah di awal malam. Pastikan untuk mendirikan salat isya’ terlebih dahulu sebelum tidur dan hindari begadang apalagi untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Itulah beberapa adab tidur seperti yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi yang menjalankannya.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Imutnya Anak Raisa-Hamish Daud di Usia 3 Bulan
Artikel Selanjutnya
Tips Simpan Kue Kering dalam Stoples Agar Tetap Renyah dan Tahan Lama