Sukses

Lifestyle

Kapan Waktu Terbaik untuk Bayar Zakat Fitrah?

Fimela.com, Jakarta kewajiban yang juga harus dilaksanakan oleh umat Muslim. Kewajiban ini adalah membayat zakat fitrah bagi yang mampu. Zakat fitrah yaitu berupa bahan makanan pokok sebanding dengan yang dikonsumsi selama satu hari.

Lalu, kapan sih waktu terbaik untuk membayarkan zakat fitrah ini?

Dalam hadis riwayat Abu Daud dan Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas RA, menjelaskan jika zakat fitrah dibayarkan pada malam terakhir Ramadan. Batas akhirnya sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri.

Waktu terbaik untuk zakat.

Apakah boleh zakat fitrah ini dibayarkan sebelumnya?

Hasan Sulaiman An Nuri dan Alawi Abbas Al Maliki dalam Ibanatul Ahkam Syarh Bulughul Maram menjelaskan pandangan ulama empat mazhab terkait hal ini.

Imam Abu Hanifah dan Imam Malik mewajibkan zakat fitrah dibayarkan ketika terbitnya fajar Idul Fitri. Waktu tersebut ditentukan untuk fitrah hakiki dan tak boleh dibayarkan sebelumnya. Menurut Imam Syafi'i dan Imam Ahmad bin Hambal, zakat fitrah wajib ditunaikan sejak tenggelamnya matahari di akhir Ramadan hingga sebelum sholat Idul Fitri. Jika mempercepat pembayaran zakat fitrah, Imam Syafi'i membolehkannya jika ada sebabnya (uzur). Imam Malik dan Imam Ahmad membolehkannya, namun hanya dua hari atau sehari sebelumnya. Imam Abu Hanifah memperbolehkan pembayaran zakat fitrah disegerakan secara mutlak. Tidak ada pemisah antara satu masa dengan masa lainnya.

Membayarkan zakat fitrah di awal, pertengahan, maupun akhir Ramadan diperbolehkan. Akan tetapi, waktu yang paling dianjurkan adalah saat sebelum melaksanakan salat Idul Fitri.

Simak Video Ini Juga Yuk.

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading