Sukses

Lifestyle

Menelan Ludah Saat Berpuasa, Apakah Membatalkan Puasa?

Fimela.com, Jakarta Marhaban ya Ramadan. Tak terasa hari ini umat muslim telah sampai pada 10 hari kedua di bulan Ramadan. Bagi yang menjanlankan ibadah puasa, masih semangat untuk berpuasa? Masih semangat untuk memperbanyak mendirikan ibadah baik ibadah wajib maupun sunah?

Bicara mengenai puasa, pada hakekatnya puasa adalah menahan diri dari segala hawa nafsu seperti makan, minum, marah dan masih banyak lagi. Puasa juga mengajarkan seseorang untuk lebih sabar dan lebih taat untuk menjalankan perintah serta menjauhi larangan Allah SWT. Menyoal puasa, ada beberapa hal yang bisa membuatnya batal. Misalnya makan dan minum.

Tapi, ketika kita menelan ludah di waktu puasa, apakah hal ini membatalkan puasa? Bukankah menelan ludah termasuk momen masuknya ludah ke tubuh seseorang lewat tenggorokan?

2 dari 3 halaman

Menelan Ludah Saat Puasa

Melansir dari laman nu.or.id, menelan air ludah saat puasa tidak apa-apa. Ini tidak membatalkan puasa. Diriwayatkan dari Imam Nawawi, "Menelan air ludah itu tidak membatalkan puasa sesuai kesepakatan para ulama. Hal ini berlaku jika orang yang berpuasa tersebut memang biasa mengeluarkan air liur atau ludah. Sebab susagnya memproteksi air liur untuk masuk kembali." (Abi Zkariya Muhyiddin bin Syaraf an-Nawawi, al-Majmu', Maktabah al-Irsyad, Jedda, juz 6 halaman 341).

Meski menelan air ludah tidak membatalkan puasa. Ini ada beberapa ketentuan dan syarat tak boleh dilalaikan. Ketentuan tersebut adalah air ludah murni alias tidak tercampur dengan apapun, air ludah yang masuk ke tubuh adalah air ludah yang keluar dari tubuhnya sendiri dan tidak keluar dari batas ma'fu yakni bibir bagian luar serta saat menelan air ludah dilakukan secara wajar seperti biasanya.

Jika ada seseorang yang sengaja mengumpulkan air ludahnya di dalam mulut kemudian menelannya secara sengaja, inilah yang membatalkan puasa. Namun jika ini dilakukan secara tidak sengaja, para ulama sepakat bahwa menelan air ludah tidak membatalkan puasa.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan bagi yang menjalankannya.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Berikut Ini:

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Berburu Tiket Mudik Lebaran? Ini Tipsnya
Artikel Selanjutnya
Sebaiknya Hindari Simpan Kue Kering di Kulkas, Ini Alasannya