Sukses

Lifestyle

Manfaat Salat Tahajud dari Sisi Medis yang Menakjubkan

Fimela.com, Jakarta Bangun tengah malam atau pada sepertiga terakhir malam untuk mendirikan salat tahajud mungkin terasa berat bagi sebagian orang. Tapi bila memahami manfaat dan keutamaannya, kita pasti akan lebih bersemangat mendirikan salat malam ini. Bahkan dari sisi medis, salat tahajud memiliki manfaat positif untuk tubuh dan pikiran.

Di samping karena pengaruh spiritualnya yang tinggi, salat tahajud juga membawa dampak imunitas tubuh. Dikutip dari buku Mutiara Itu Bernama Salat Sunah, ada penjelasan medis yang membenarkan kaitan antara salat tahajud dan kesehatan tubuh. Berikut keterangannya.

Meningkatkan Respons Ketahanan Tubuh Imunologik

Seperti kita ketahui, tubuh kita ini selalu diliputi oleh lingkungan organik dan anorganik atau biotik dan antibiotik. Misalnya, bakteri, parasit, virus, dan jamur. Apabila semua itu masuk ke dalam tubuh kita, maka akan dapat menimbulkan berbagai penyakit. Jika sudah demikian, maka keseimbangan tubuh akan terganggu. Bahasa medisnya adalah omeostatis.

Nah, agar tubuh manusia tetap seimbang, maka Allah memberikan suatu sistem atau mekanisme dalam tubuh kita yang disebut dengan imunologi. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa sistem kerja salat tahajud dipandang dapat meningkatkan respons ketahanan tubuh imunologik. Itu artinya, tubuhnya dalam keadaan stabil dan imun sehingga akan terpelihara kesehatannya.

 

2 dari 3 halaman

Mengurangi Gejala-Gejala Stres

Melaksanakan salat tahajud dengan hati ikhlas akan menciptakan ketenangan dan ketenteraman. Salat tahajud bisa menjadi salah satu sarana penting dalam rangka melaksanakan terapi untuk menghadirkan rasa tumakninah atau ketenangan dan ketenteraman. Pada gilirannya, bisa mengurangi gejala-gejala stres yang disebabkan respons emosi menjadi tertekan. Bahkan, perlahan dapat menghilangkan perasaan pesimis, rendah diri, minder, rendah pergaulan, dan asertif.

Selain semakin mendekatkan kita kepada Sang Pencipta, salat tahajud ternyata bisa memberi manfaat yang luar biasa untuk keseahatan kita juga. Mari kita sama-sama berproses menjadi pribadi yang lebih baik dan semakin rajin salat malamnya, ya.

3 dari 3 halaman

Simak Video di Bawah Ini

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Libur Lebaran ke Luar Negeri Anti Ribet dengan Aplikasi Ini
Artikel Selanjutnya
Agar Ibu Menyusui Tak Mudah Lapar Selama Puasa, Ini Triknya